Pantai Kayu Arum, Spot Camping di Gunungkidul yang Masih Asri dan Sepi

Foto: Instagram @romeography

Berkunjung ke Yogyakarta jangan hanya menghabiskan waktu untuk berkeliling kotanya saja. Bergeser ke arah selatan, tepatnya di Gunungkidul, kamu juga bisa mengeksplorasi keindahan pantai-pantainya yang menawarkan suasana dan ciri khas yang berbeda. Bermalam di salah satu pantainya pun bisa menjadi sebuah agenda yang menarik.

Di Pantai Kayu Arum, misalnya. Pantai yang ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari ini memang belum sepopuler pantai lainnya di Gunungkidul. Bahkan pantai ini tergolong sebagai pantai yang baru dengan akses jalan yang cukup terjal sehingga membuatnya jarang dikunjungi wisatawan. Namun, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Justru bagi kamu yang mencari spot camping dengan suasana yang tenang, Pantai Kayu Arum bisa menjadi pilihan.

Foto: Dok. Google Maps/wahyu riyadi Herjito

Keindahan perbukitan karst, hamparan pasir putih yang lembut, serta suara deburan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menemanimu selama berada di sini. Menjelang sore, kamu dapat puas menikmati suasana senja tanpa gangguan pengunjung lain. Keesokan paginya, bila cuaca cerah kamu juga akan dihibur dengan panorama matahari terbit.

Foto: Instagram @rizasupraptoo

Fasilitas di area Pantai Kayu Arum belum memadai, kamu hanya akan menjumpai deretan warung sederhana dan toilet umum seadanya. Karena itu, sebaiknya kamu membawa logistik yang cukup sebelum berkunjung ke lokasi.

Area berkemahnya sendiri memang tak luas, namun cukup untuk menampung beberapa tenda. Sebaiknya membawa peralatan dan perlengkapan berkemah sendiri karena belum ada tempat rental kebutuhan camping di sini.

Foto: Instagram @badrikaaa

Selain duduk santai menikmati suasana pantai, kamu juga dapat memancing di sini dengan beberapa karang yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi melempar kail. Konon, penduduk sekitar juga kerap memancing di sini, dan biasanya mereka mengincar lobster sebagai hasil tangkapan. Namun, bila berniat memancing, kamu harus membawa peralatannya sendiri.

Foto: Instagram @ponkge_

Pantai Kayu Arum letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Baron. Lokasinya sedikit menjorok ke dalam, sehingga kamu harus melakukan trekking dari kawasan wisata Baron Techno Park untuk sampai di Pantai Kayu Arum. Disarankan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman, lantaran ada beberapa jalur yang licin, terutama ketika sehabis hujan.

Dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Kayu Arum dapat ditempuh dengan berkendara selama sekitar 1,5 jam. Tiket masuk ke Pantai Kayu Arum Rp10.000 per orang. Selama di lokasi, pengunjung wajib menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here