Ide Liburan Seru, Snorkeling Sepuasnya di Pulau Tabuhan

Bila pantai-pantai di selatan Banyuwangi terkenal sebagai surganya peselancar, lain lagi dengan deretan pantai di sebelah utara yang terkenal di kalangan para penyuka snorkeling karena kondisi lautnya yang lebih tenang. 

Kamu dapat menuju lokasi snorkeling di Pantai Bangsring, yang dapat diakses dengan mudah dari pusat kota Banyuwangi, atau menyewa perahu nelayan dari pantai tersebut untuk menuju Pulau Tabuhan. 

Foto: Instagram @jackson.groves

Terletak di Selat Bali, pulau mungil seluas lima hektar ini tak berpenghuni dan tak memiliki bangunan permanen, sehingga kamu dapat merasakan sensasi seolah sedang liburan di pantai pribadi. Sejauh mata menandang, yang terlihat hanyalah pepohonan hijau yang dikelilingi oleh pasir putih di sepanjang bibir pantai. 

Foto: Instagram @beyondtrendmedia

Perairannya pun luar biasa jernih, sehingga walau tanpa menyelam, kamu dapat melihat keindahan bawah lautnya secara jelas dari atas air. Bila tertarik bermain air dan berenang, kamu dapat menuju pantai di sisi utara pulau yang ombaknya cukup tenang. 

Foto: Instagram @gabrielbramastra123

Bawa juga peralatan snorkeling untuk menyelam di sekitar area ini. Perahu yang kamu sewa juga bisa dimanfaatkan untuk membawamu agak ke tengah laut, di mana kamu bisa menjumpai lebih banyak terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni. Musim terbaik untuk melakukan snorkeling di sini adalah antara Juli hingga September, ketika jarak pandang bisa mencapai 15 hingga 20 meter. 

Foto: Instagram @gensavana

Selepas snorkeling, kamu dapat kembali ke Pulau Tabuhan untuk beristirahat dan berteduh di bawah pohon sambil menikmati suasana pantai yang indah. Kamu juga dapat berjalan-jalan mengelilingi pulau. Karena mungil, kamu hanya membutuhkan sekitar 15 menit untuk mengitarinya.

Kamu bahkan dapat mendirikan tenda di kawasan ini, namun dengan seizin dari petugas terlebih dahulu. Bila cuaca cerah, pemandangan Kawah Ijen dan Gunung Raung di kejauhan dapat terlihat jelas dari sisi barat pulau. Tak hanya itu, pemandangan sunrise dan sunset pun bisa dinikmati dari pulau tersebut. 

Foto: Instagram @simplysantos

Saat ini, fasilitas yang tersedia di pulau ini masih minim, yakni hanya tersedia bilik sederhana untuk berganti baju. Bila tidak membawa peralatan snorkeling, kamu dapat menyewanya terlebih dahulu di Bangsring Underwater dengan biaya Rp30.000.

Sementara itu, untuk mencapai Pantai Bangsring, kamu dapat berkendara dari pusat kota Banyuwangi sekitar 40 menit via Jalan Nasional III dan Jalan Raya Pantura. Setibanya di lokasi, kamu dapat langsung menyewa perahu ke Pulau Tabuhan dengan biaya sekitar Rp500.000 untuk maksimal penumpang 10 orang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here