Rekomendasi Rute Gowes di PIK, Keliling Hutan Bakau dan Lewati Pantai

Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan salah satu kawasan di Jakarta yang tak hanya cocok untuk wisata kuliner, namun juga sebagai destinasi bersepeda. Sembari gowes, kamu pun dapat sekalian mampir di tempat-tempat yang menarik perhatianmu, dari hutan bakau di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, gerbang ikonik di Pantjoran PIK, hingga pantai cantik di Golf Island. 

Berikut rekomendasi rute bersepeda di PIK yang bisa kamu susuri saat berkunjung ke kawasan tersebut. 

1. Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Tempat wisata ini bisa menjadi lokasi awal untuk mengawali kegiatan bersepedamu di PIK. Bila datang dari luar PIK, kamu juga bisa memarkirkan kendaraanmu di sini (Rp10.000 per unit untuk parkir mobil) sebelum melanjutkan gowes keliling PIK. 

Foto: Dok. Google Maps/Em Yopik Rifai

Merupakan kawasan konservasi hutan bakau, TW Angke Kapuk ini menawarkan sejumlah fasilitas yang bisa kamu coba, termasuk perahu untuk mengitari kawasan ini, gardu pandang untuk melihat panorama dari ketinggian, hingga jalur sepeda untuk yang ingin berolahraga sambil menghirup udara segar. Buka mulai pukul 08:00, disarankan datang kemari sedari pagi ketika suasana sepi, selain agar kebagian kuota karena selama masa PSBB Transisi ini masih ada pembatasan kunjungan. 

Tiket masuk: Rp30.000 (hari biasa), Rp35.000 (Sabtu, Minggu, hari libur)
Jam buka: 08:00-16:00
Lokasi: Jl. Garden House No. 4, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara

2. Fresh Market PIK

Puas mengitari hutan bakau, kamu dapat menikmati sarapan terlebih dahulu di Fresh Market PIK dengan bersepeda sekitar 1,3 kilometer jauhnya. Pasar modern ini tak hanya dikunjungi warga PIK dan sekitarnya untuk membeli kebutuhan sehari-hari, namun di sini jugalah mereka berburu camilan dan makanan lezat untuk sarapan.

Foto: Instagram @eat.time.story

Beberapa di antaranya yang populer adalah Bosston Chee Cheong Fun, Bakmi Lamlo, Nasi Kari Si Chuan, dan Bihun Bebek Ayang. Bila tak ingin makan berat pun, kamu juga bisa mengudap camilan, seperti cakwe, bacang, uyen, dan bakso goreng, yang semuanya bisa dinikmati dengan segelas susu kedelai segar. 

Jam buka: tergantung tempat makan, rata-rata buka sedari pukul 06:00 dan tutup siang hari
Lokasi: Pasar Fresh Market, Jalan Pantai Indah Kapuk Blok TP No. 06, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara

3. Pantjoran PIK

Masih kuat mengayuh sepeda? Bila ya, dari Fresh Market PIK kamu bisa melanjutkan gowes menuju Golf Island dengan menyeberangi jembatan yang menghadap laut lepas. Selewat jembatan, terus lurus sejauh sekitar satu kilometer hingga tiba di Pantjoran PIK. 

Destinasi kuliner yang tengah populer ini memang sayang untuk dilewatkan bila tengah berkunjung ke PIK. Karena kawasan ini selalu ramai, terutama sore hingga malam hari, kamu dapat datang kemari sedari pagi ketika suasana masih sepi untuk sekadar berburu foto, atau sekalian kulineran di salah satu tempat makan legendaris yang buka cabang di sini, seperti Kopi Es Tak Kie dan Wong Fu Kie.

Jam buka: 07:00-21:00
Lokasi: Golf Island, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara 

4. Pantai Maju

Akhiri gowes di PIK dengan singgah di kawasan Pantai Maju. Pantai reklamasi ini memiliki jalur sepeda yang nyaman dan mulus di tepiannya, sehingga kamu pun dapat gowes santai sembari menikmati pemandangan laut di sini. Walau pantainya tak memiliki hamparan pasir, melainkan berhiaskan bebatuan, kunjungan ke sini bisa menjadi obat pelepas rindu setelah sekian bulan tak bisa liburan jauh. 

Foto: Instagram @nino_khrisna

Bila tertarik gowes di PIK, disarankan membawa sepeda sendiri. Namun, kalaupun tidak ada, kamu dapat menyewa di salah satu tempat rental sepeda yang tersedia, seperti @pikabike_ (T. 0821 1180 7991) yang menawarkan tarif sewa Rp50.000 per hari untuk Senin-Jumat dan Rp75.000 per hari untuk Sabtu-Minggu. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here