Bujet Terbatas? Liburan di Roma Tak Perlu Habiskan Euro

Roma dan Italia pada umumnya, memiliki reputasi sebagai salah satu destinasi termahal di Eropa. Namun, ini tidak berarti Anda tidak dapat mengunjunginya dengan anggaran terbatas. Bahkan, ada sejumlah atraksi wisata di ibu kota Italia yang dapat dikunjungi tanpa menghabiskan euro.

Inilah sejumlah destinasi gratis di Roma yang dapat dinikmati dari perspektif berbeda.

  • Colosseum

Diawali dengan atraksi paling ternama seantero Italia, yang dibangun antara tahun 70-80 masehi. Menjadi ikon kota Roma, Colosseum adalah impian setiap pejalan saat bertandang pertama kali di Roma. Sayangnya, bagi pejalan dengan bujet terbatas, tiket masuk amfiteater untuk kategori standar dikenai tarif mulai 12 euro.

Jika ingin menikmati Colosseum tanpa biaya, bangunan bersejarah ini memberi tiket masuk gratis untuk kunjungan hari Minggu pertama setiap bulannya. Jika waktu kunjungan tidak bertepatan dengan pemberian tiket gratis, pejalan masih dapat menikmati eksterior Colosseum di sekitar alun-alun di luar bangunan.

  • Pantheon

Dari semua reruntuhan Romawi, Pantheon diklaim sebagai monumen Romawi kuno terbaik yang pernah ada. Hal ini terlihat dari struktur bangunan yang sebenarnya adalah gereja kuno dan tetap bertahan selama 2.000 tahun. Tampilan depan Pantheon begitu memukau, namun keindahan yang sesungguhnya berada di dalamnya. Untuk menikmati bangunan istimewa ini tak ada tiket masuk yang dibebankan ke pengunjung dan jika berkunjung saat musim panas, bersiaplah untuk menghadapi antrean panjang.

  • Trevi Fountain

Trevi Fountain merupakan destinasi ikonik di Roma, yang populer dengan mitos melempar koin. Konon, siapapun yang berhasil melempar koin dengan cara membelakangi air mancur melewati bahu, dapat kembali ke ibu kota Italia tersebut. Selain indah, air mancur ini dapat dinikmati siapa saja secara gratis, sehingga tak heran Anda akan menemukan kerumunan turis sepanjang waktu di sekitar alun-alun kecil di dekatnya. Datanglah di pagi hari, sekitar pukul 06:00 jika ingin memotret air mancur ikonik ini tanpa banyak orang berkeliaran.

  • Spanish Steps

Berapa banyak film yang memilih Spanish Steps sebagai latar cantik tempat para aktor berakting? Dari Roman Holiday (1953) yang dibintangi Audrey Hepburn dan Gregory Peck, hingga The Talented Mr. Ripley (1999) dengan Matt Damon dan Jude Law. Spanish Steps atau yang dalam bahasa Italia disebut Scalinata di Trinità dei Monti, merupakan rangkaian anak tangga yang menghubungkan Piazza di Spagna dan Piazza Trinità dei Monti, dengan latar gereja Trinità dei Monti di puncak.

Tangga yang populer dilintasi wisatawan ini, dibangun pada 1723 hingga 1725 oleh Francesco de Sanctis, seorang arstitek Italia yang kurang begitu populer saat itu. Ikonis dengan 135 anak tangga ini, pengunjung Spanish Steps dapat duduk di tangga, gratis, sambil menikmati suasana, namun dilarang untuk mengonsumsi makanan dan minuman demi menjaga kebersihan tangga. Jika berkunjung pada musim semi, Spanish Steps akan dihiasi bunga azalea merah muda selama sebulan penuh, sebagai bentuk selebrasi ulang tahun berdirinya Roma.

  • Villa Borghese Park

Menyingkirlah dari keramaian kota Roma dengan bersantai di Villa Borghese Park, ruang hijau terbesar di ibu kota yang dapat dikunjungi tanpa biaya masuk. Selain rindang dan menyenangkan untuk piknik, pengunjung dapat melihat air mancur dengan desain mengesankan atau mengunjungi pameran seni di dalam gedung Galleria Borghese yang gratis hari Minggu pertama setiap bulan.

  • Roman Forum

Memasuki Roman Forum memang dikenai tiket masuk, namun pejalan dengan bujet terbatas masih dapat menikmati bagian-bagian tertentu secara gratis dari Via Dei Fori Imperiali, jalan yang mengarah dari pusat kota modern Roma langsung ke Colosseum. Jalan ini diapit banyak reruntuhan Romawi yang menakjubkan dan tersedia papan informasi yang menjelaskan sejarahnya.

  • Altare Della Patria

Monumen besar yang berada tepat di jantung kota Roma sulit untuk dilewatkan dan dapat dinikmati secara gratis. Didedikasikan bagi Victor Emmanuel II, raja pertama Italia, Altare Della Patria terbuat dari marmer putih bersih dengan dekorasi rumit, beberapa air mancur di dasarnya, dan dua patung kereta di bagian puncak. Jika menaiki anak tangganya, pengunjung dapat menikmati panorama kota dari ketinggian, bahkan Colosseum dapat terlihat dari sini.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here