Menikmati Matahari yang Tak Pernah Tenggelam di Finlandia

Finandia memiliki perbedaan musim yang sangat kontras. Setelah menghadapi musim dingin yang gelap tanpa secerah cahaya matahari sedikit pun, Finlandia diberkati dengan matahari yang tidak pernah tenggelam selama dua bulan penuh. Fenomena Midnight Sun yang berlangsung selama musim panas ini selalu disambut layaknya perayaan besar. Toko-toko buka lebih lama, orang-orang memenuhi area publik, dan danau menjadi tempat yang populer di tengah malam.

Di Lingkar Arktik bagian utara, matahari bersinar 24 jam pada Mei hingga Agustus. Sementara di wilayah yang lebih selatan, fenomena ini terjadi pada Juni dan Juli. Selama masa-masa ini, cahaya matahari tampak lebih hangat dengan warna kuning kemerahan seperti matahari terbenam. Semua lokasi yang tersentuh cahayanya tampak lebih memesona. Orang-orang Finlandia seakan tidak mau berhenti beraktivitas selama masa-masa ini, bahkan tidak untuk tidur sekalipun. Tetapi setelah berbulan-bulan terkurung di rumah karena keganasan angin musim dingin, siapa yang bisa menyalahkan mereka.

Ada banyak cara untuk menikmati Midnight Sun di Finlandia. Orang-orang Finlandia senang menghabiskan waktunya bersantai di pondok tepi danau, menikmati ketenangan dan kesunyian yang ditawarkannya. Para pelancong yang datang juga akan disambut dengan ketenangan yang sama, menjadikan tempat ini lokasi sempurna untuk beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan.

Bila duduk-duduk di tepi danau saja kurang memuaskan, pelancong juga bisa memanfaatkan waktu dengan bermain kayak, memancing, dan berenang. Dengan matahari yang terus bersinar dan waktu yang seakan berhenti berputar, jangan heran jika melihat banyak orang berenang di tengah malam. Air danau pun terasa hangat berkat sorotan sinar matahari.

Tempat terbaik untuk merayakan Midnight Sun adalah di Midnight Sun Film Festival. Dalam festival yang diadakan selama lima hari ini, puluhan film disiarkan tanpa henti di bawah matahari yang juga tidak berhenti bersinar. Selain itu, ada pula Jutajaiset Folkfore Festival di mana wisatawan dapat mendengarkan berbagai cerita rakyat dari Sodankylä hingga Rovaniemi. Kedua festival yang diadakan di bulan Juni ini merupakan kegiatan yang tepat untuk mempelajari budaya lokal sambil menikmati Midnight Sun.

Di wilayah selatan Finlandia, waktu terbaik untuk merayakan Midnight Sun adalah pada masa summer solstice atau titik balik matahari musim panas. Ada berbagai pesta pertengahan musim panas yang bisa dinikmati, mulai dari pesta di Pulau Seurasaari, Festival Rock di Lakeland, hingga menikmati White Nights di Helsinki. Berada di pantai selatan, ibu kota Finlandia ini memang tidak mendapatkan fenomena Midnight Sun secara penuh. Namun langit malamnya tetap tampak terang hingga dinamakan White Nights. Matahari hanya akan terbenam sedikit saja sebelum kembali terbit menerangi seluruh kota. Wisatawan bisa memanfaatkan waktu ini untuk bermain di pantai, menjelajahi pulau-pulau, atau berkunjung ke bar. Musim panas di Finlandia memang merupakan waktunya bermain sepuas-puasnya tanpa memedulikan hari dan waktu.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here