Modal Ponsel, Dapatkan Hasil Foto Perjalanan Seperti Menggunakan Kamera Profesional

Beberapa foto perjalanan terbaik berasal dari jepretan kamera di ponsel. Memotret dengan ponsel terkadang diremehkan karena foto-foto yang dihasilkan biasanya kurang berkualitas, apalagi tidak semua pejalan memiliki perangkat kamera berteknologi terkini. Tenang, yang dibutuhkan hanya ponsel dan beberapa trik untuk menjadikan hasil foto tak beda jauh seperti menggunakan kamera profesional.

Inilah tip dan trik memotret dengan ponsel untuk mendapat hasil yang berkualitas.

  • Gunakan fitur grids di ponsel yang berperan sebagai panduan untuk memastikan komposisi objek foto. Agar mendapat komposisi foto yang ideal, coba letakkan elemen menarik di sekitar objek foto. Pastikan untuk mengaktifkan fitur grids karena tidak semua ponsel otomatis terpasang fitur ini.
  • Cari sudut yang menarik untuk menambah efek dramatis pada foto. Eksplor angle-angle yang tidak biasa untuk mencari yang menarik, seperti meletakkan ponsel dekat permukaan tanah untuk mendapatkan titik pandang yang dramatis.
  • Jika memotret lanskap, manfaatkan cahaya matahari untuk meningkatkan hasil foto. Waktu terbaik adalah di pagi hari atau menjelang terbenam, jika mengambil foto saat tengah hari, tentu akan mengurangi tekstur dan fitur lanskap.
  • Mengaplikasikan kamera dan kamera di ponsel sama-sama mesti memerhatikan kestabilan saat memegangnya. Triknya adalah bayangkan Anda memegang kamera besar, gunakan satu tangan untuk memegangnya agar stabil, sedangkan yang lainnya untuk menekan tombol rana (shutter button).
  • Anda harus mendekati subjek foto (zoom in) untuk mendapatkan rendering yang jelas, seperti mencari tahu gerakan atau aksi yang dilakukan subjek foto menarik untuk dibidik atau tidak. Pastikan subjek tersebut terlihat besar di layar sebelum mengambil fotonya.
  • Proses edit foto adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas foto. Atur contrast, sharpness, dan saturation untuk menjadikan foto lebih dramatis dibanding sebelumnya. Ada begitu banyak aplikasi edit foto yang bisa diunduh di ponsel, seperti Snapseed yang praktis diaplikasikan juga tersedia gratis.
  • Sebagus apapun kualitas kamera di ponsel, tetap saja ada keterbatasan karena tidak memiliki sensor yang bagus seperti DSLR. Kamera di ponsel memiliki kendala dengan kontras yang tinggi, sehingga perlu menggunakan bantuan aplikasi HDR untuk mengatur highlights dan shadows, sehingga akan menghasilkan foto seperti rupa aslinya.

Teks: Priscilla Picauly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here