7 Tip Penting Agar Hasil Foto Maksimal

Setiap orang dapat memotret, namun yang benar-benar dapat mengoperasikan kamera dan menghasilkan gambar-gambar indah hanyalah segilintir. Padahal foto adalah kenangan berharga dari setiap tempat yang dikunjungi. Berikut tip agar kenangan dapat terdokumentasi dengan baik.

1. Lakukan riset tentang tempat yang akan dikunjungi untuk mengetahui objek beserta angle-angle terbaiknya. Bisa dengan browsing Internet, membaca brosur wisata, pergi ke toko buku atau perpustakan, atau mengobrol dengan orang yang pernah ke tempat yang akan didatangi.

2. Ketahui juga adat dan tradisi setempat. Misalnya jika ingin mendatangi sebuah kuil, pastikan berpakaian sopan agar diperbolehkan masuk. Hormati juga larangan memotret atau penggunaan flash di area-area tertentu.

3. Ketika tiba di tujuan, catat impresi pertama yang didapat. Entah itu aroma, suhu, pakaian warga, pemandangan sekitar, dan sebagainya. Kesan pertama dapat memberikan ide memotret.

4. Kenali tempat yang dikunjungi. Tempat-tempat yang bersuhu panas, misalnya, masyarakatnya aktif sejak dini hari, melambat di tengah hari, dan akan aktif lagi menjelang malam. Bangun sebelum matahari terbit untuk merekam aktivitas warga setempat. Duduk di kafe atau restoran yang didatangi warga lokal, menjauhlah dari spot turis, kemudian buka mata dan telinga lebar-lebar.

5. Jangan pernah meninggalkan kamera di kamar, sekalipun hanya pergi membeli air minum kemasan di toko kelontong di sebelah hotel. Momen-momen tak terduga dapat terjadi kapan saja!

6. Bersiaplah untuk menemukan banyak situasi dan objek, sehingga dituntut untuk menguasai teknik-teknik dasar memotret potrait, landscape, macro, dan apa pun.

7. Sekali jepret, jangan cepat puas. Coba angle lain atau gunakan jenis lensa yang berbeda. Bisa juga memotret satu objek dalam kondisi pencahayaan yang berbeda-beda. Taj Mahal yang difoto di pagi hari tentu berbeda mood-nya ketika difoto dengan latar langit senja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here