Serunya Camping di Silancur Highland, Bonus Pemandangan Sunrise Cantik!

0
3756

Bagi kamu yang enggan susah payah mendaki naik gunung, namun tetap ingin merasakan serunya berkemah sembari menikmati pemandangan alam yang indah, cobalah berkunjung ke Silancur Highland.

Berada tak jauh dari basecamp pendakian Gunung Sumbing, atau tepatnya di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, kawasan wisata ini tak hanya menawarkan spot-spot foto yang fotogenik, namun juga camping ground.

Di sini, kamu dan teman-teman ataupun keluarga dapat menyewa atau membawa sendiri tenda, kemudian mendirikannya di lahan yang sudah disediakan. Saat malam tiba, kelap kelip lampu di kawasan perkotaan Magelang yang terletak di kejauhan pun dapat terlihat dari sini. Kamu juga dapat menyalakan api unggun untuk menghangatkan diri sembari menikmati makan malam yang sudah disiapkan sebelumnya.

Foto: Dok. Google Maps/Mentek adhen

Keesokan paginya, pastikan untuk bangun lebih awal dari biasanya demi menikmati pemandangan matari terbit. Sayang bukan, bila sudah jauh-jauh ke sini untuk bermalam, namun melewatkan sunrise.

Terlebih, sunrise di sini luar biasa indah dengan kabut tipis yang menyelimuti kawasan tersebut. Sementara matahari yang perlahan-lahan muncul dari balik pegunungan akan menampakkan siluet Gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telomoyo. Dijamin, tangan tak akan berhenti menjepretkan kamera demi mengabadikan keindahan panorama ini.

Kemudian, bila matahari sudah naik, kamu juga bisa sekalian menjelajah kawasan ini sebelum pengunjung lain datang. Di beberapa spot, terdapat tempat untuk berfoto, baik dengan latar pegunungan maupun perkotaan. Karena masih pagi, kamu pun tak harus mengantre demi berfoto di spot-spot fotogenik tersebut.

Spot-nya yang paling difavoritkan adalah hamparan taman bunga warna-warni dengan Gunung Sumbing yang menjadi latarnya. Namun, bila enggan ke spot-spot tersebut pun, pemandangan dari camping ground saja sudah luar biasa indah kok, dengan perkebunan, perbukitan hijau, dan pegunungan yang terhampar di depan mata!

Jangan khawatir soal fasilitas, karena pengelola sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, dari kamar mandi, musala, dan bahkan sound system untuk memeriahkan suasana di malam hari. Harga sewanya pun cukup murah, yakni sekitar Rp30.000 saja, dan bisa dipakai sampai acara selesai.

Buka 24 jam, tiket masuk Silancur Highland adalah Rp10.000 per orang, dan tiket untuk berkemah adalah Rp15.000 per orang. Bila ingin menyalakan api unggun, kamu dapat membeli kayu bakar seharga Rp12.500 per ikat. Silancur Highland juga menyediakan penyewaan tenda (mulai dari Rp40.000), sleeping bag (Rp10.000), dan matras (Rp5.000), atau paket penyewaan tenda seharga Rp150.000 yang sudah termasuk satu tenda, empat sleeping bag, dan pemasangan tenda oleh pengelola.

Namun, karena masih pandemi dan demi meminimalkan risiko tertular Covid-19, disarankan untuk menyemprotkan disinfektan ke peralatan tersebut sebelum dipakai. Lebih bagus lagi bila kamu membawa sendiri perlengkapannya. Kemudian, pastikan menjaga jarak dengan tenda lain saat mendirikannya, dan selalu mengenakan masker saat berada di area umum ya!

Untuk mencapai lokasi ini mudah, yakni cukup menggunakan aplikasi Google Maps dan ketikkan Silancur Highland. Dari pusat kota Magelang, jaraknya sekitar 18 kilometer, atau sekitar setengah jam berkendara.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here