Joging sambil Menikmati Asrinya Taman Kota Giri Menang, Gerung

Berwisata ke Lombok Barat, kamu tak hanya dimanjakan dengan deretan pantainya yang indah. Kawasan ini juga memiliki taman kota yang kerap jadi pilihan warga setempat untuk berekreasi maupun berolahraga. Salah satunya adalah Taman Kota Giri Menang yang terletak di Kecamatan Gerung.

Seluas 1,4 hektar, taman kota ini terletak tak jauh dari Kantor Bupati Lombok Barat, tepatnya di tepi Jalan Soekarno-Hatta. Dari pusat kota Mataram, kamu bisa mencapainya dengan berkendara selama sekitar 20 menit.

Foto: Dok. Google Maps/Tisna Pratama

Ada empat pintu masuk yang tersedia di sisi utara, timur, selatan, ataupun barat taman, dengan masing-masing menampilkan relief yang menggambarkan seni dan budaya suku Sasak tempo dulu. Salah satunya adalah gendang beleq yang merupakan alat musik tradisional dengan sekehe sebagai penabuhnya.

Ada pula relief yang menampilkan tari peresean yang diulunya digelar untuk melatih ketangkasan suku Sasak dalam mengusir penjajah. Setiap relief ini dilengkapi penjelasan, sehingga pengunjung bisa mendapatkan wawasan tambahan.

Foto: Instagram @srirahayu_2601

Memasuki bagian dalam taman, kamu akan menjumpai amfiteater yang berada persis di tengahnya. Amfiteater ini kerap digunakan oleh anak-anak muda untuk mempertontonkan pertunjukan seni. Bila sedang tidak ada kegiatan, pengunjung kerap berkumpul di sana untuk sekadar bersantai bersama keluarga.

Kalau ingin berolahraga, taman ini menawarkan sejumlah fasilitas pendukung, seperti lapangan voli dan lapangan basket. Kamu bisa bermain di lapangan tersebut bersama teman, atau sekadar berlari mengelilingi taman.

Foto: Dok. Google Maps/Reza Ardiansyah

Sembari joging pagi, kamu bisa menghirup udara yang segar sembari menikmati rimbunnya pepohonan yang tumbuh di taman ini. Suasananya begitu asri dan jauh dari ramainya perkotaan maupun bisingnya kendaraan.

Kelar berolahraga, kamu bisa beristirahat di sejumlah tempat duduk yang telah disediakan di seluruh penjuru taman. Spot terbaiknya adalah di sisi timur taman, dengan hijaunya hamparan sawah sebagai latarnya. Opsi lainnya, kamu bisa duduk santai di kolam kecil dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya.

Foto: Dok. Google Maps/Cahyani Sukma Dewi

Fasilitas lain yang tersedia di taman ini adalah taman bermain anak maupun area parkir yang luas. Masuk ke sini tidak dikenakan biaya, kecuali parkir kendaraan. Buka sepanjang hari, waktu terbaik kemari adalah pagi hari sebelum pengunjung mulai ramai berdatangan kemari.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here