7 Titik yang Harus Dibersihkan Sebelum Pesawat Lepas Landas

0
3450

Ruang publik tentu saja menjadi sarang kuman, termasuk di pesawat terbang dan bandara. Menurut situs TravelMath yang melakukan penelitian pada 2011, ditemukan bahwa permukaan sentuh di bandara dan pesawat lebih kotor dari rumah Anda.

Tak hanya kuman yang harus diperhatikan saat ini, Anda yang untuk alasan urgensi mesti melakukan penerbangan di tengah pandemi, juga harus memikirkan keselamatan dari penularan Covid-19. Sebelum pesawat lepas landas, pastikan untuk membersihkan beberapa titik dengan tingkat sentuh tinggi untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona.

  • Sandaran Kepala

Headrest atau sandaran kepala adalah permukaan tempat kuman bersarang. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan Marketplace pada 2018 terhadap 18 maskapai di Kanada, pada sandaran kepala juga ditemukan bakteri aerobik dan E. coli. Sulit untuk tidak memanfaatkan sandaran kepala, terutama jika menempuh penerbangan panjang. Sebagai solusi, lap sandaran kepala sebelum digunakan, semprot dengan disinfektan, dan hindari menempatkan sisi wajah dan tangan di atasnya.

  • Kantong Kursi 

Kantong kursi juga menjadi area rawan tempat kuman bersarang. Tidak hanya berfungsi untuk menaruh bacaan dan kartu panduan keselamatan, kantong kursi juga kerap dijadikan penyimpanan botol minuman, ponsel, hingga sampah makanan serta tisu bekas. Laporan pramugari juga menyebutkan bahwa mereka pernah menemukan tampon bekas dan popok kotor di kantong kursi.

Tak heran jika Marketplace menemukan bukti keberadaan E. coli, jamur, dan bakteri aerobik di dalamnya. Sebagai langkah pengamanan, hindari penggunaan kantong kursi. Jika terpaksa menggunakan kantong kursi, semprot dulu dengan disinfektan dan balur hand sanitizer setelah mengambil yang dibutuhkan, pastikan tangan jauh dari mulut dan wajah.

  • Tray Table

Menurut studi TravelMath, jumlah bakteri di tray table 10 kali lebih banyak dari tombol siram di toilet. Marketplace juga menemukan bukti jamur dan bakteri yang bersarang di meja serbaguna ini. Untungnya, tray table mudah untuk dibersihkan, gunakan disinfektan di seluruh area yang kemungkinan akan disentuh, termasuk bersihkan juga layar yang terpasang di kursi depan.

  • Sabuk Pengaman

Benda penting yang tentu saja akan disentuh penumpang, untuk itu bersihkan sabuk pengaman menggunakan disinfektan sebelum menggunakannya.

  • Ventilasi Udara dan AC

Tengok ke atas dan sertakan ventilasi udara dan AC untuk turut dibersihkan dengan disinfektan. Bukan tidak mungkin di tengah penerbangan penumpang akan mengatur ventilasi udara dan AC, sehingga lebih baik jika dibersihkan sedari awal.

  • Tombol Bilas di Wastafel

Meskipun bukan area dengan kuman paling banyak, bukan berarti Anda malas untuk membersihkannya. Jika tombol harus ditekan, bersihkan terlebih dahulu, kemudian cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menggunakan kamar mandi.

  • Kunci Toilet

Setiap kali menyentuh kunci toilet, ingatlah selalu untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya atau menggunakan hand sanitizer. Apalagi hampir 20 persen penumpang tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here