5 Cara Melewatkan Waktu #DiRumahAja Agar Terasa Seperti Liburan

0
3293

Per hari ini, DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar secara total untuk menekan penyebaran Covid-19 yang makin tinggi di ibu kota dan sekitarnya. Destinasi wisata kembali ditutup, kapasitas kantor dibatasi, dan warga pun diminta untuk tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan mendesak.

Meski demikian, Anda tak perlu merasa terkurung di rumah. Ada banyak cara untuk melewatkan waktu di rumah tanpa harus merasa bosan, seperti berikut ini.

1. Menyulap taman menjadi pantai

Kangen liburan ke pantai? Anda dapat menyulap taman menjadi pantai dengan mengisi pasir di dalam wadah, atau menyiapkan kolam renang balon, lalu mengisinya dengan air dan bola-bola kecil. Sebagai pelengkap, seret juga meja dan kursi kayu ke taman untuk duduk-duduk di sini sambil membaca buku, menikmati koktail rumahan, atau bahkan melakukan conference call dengan rekan kerja.

Di sore hari, Anda juga dapat menggelar “pesta pantai”, di mana seluruh anggota keluarga wajib mengenakan pakaian renang untuk bermain perang air, kemudian malamnya melakukan barbekyu. Dengan kegiatan seru seperti ini, Anda pun dijamin tak akan bosan di rumah dan serasa sedang liburan.

2. Menonton film yang menampilkan destinasi tujuan untuk liburan mendatang

Bila ingin merasa seperti sedang liburan, Anda dapat melakukan perjalanan secara virtual dengan menonton film-film yang menampilkan destinasi favorit atau destinasi yang ingin dituju untuk liburan mendatang. Kunjungan ke Jepang memang tak memungkinkan saat ini, namun Anda dapat “liburan” ke Tokyo dan Kyoto dengan menonton “Lost in Translation” (2003).

“The Secret Life of Walter Mitty” (2013)

Ada pula “Into the Wild” (2007) menampilkan keindahan lanskap Alaska, “Under the Tuscan Sun” (2003) untuk mengintip suasana pedesaan Italia, “The Secret Life of Walter Mitty” (2013) yang terutama difilmkan di Islandia, dan “Amélie” yang dijamin membuat Anda ingin merencanakan perjalanan ke Paris setelah menontonnya.

3. Memasak menu khas wilayah tertentu

Salah satu hal paling menyenangkan dari liburan adalah kesempatan untuk mencicipi masakan lokal, langsung dari kota atau negara asalnya. Misalnya, Anda dapat mencicipi pho dan banh mi saat ke Vietnam, dim sum saat ke Hong Kong, atau pasta dan piza saat ke Italia. Dengan pembatasan perjalanan yang masih berlaku saat ini, Anda tetap dapat mencoba beberapa masakan yang berbeda di rumah.

Carilah buku-buku resep, atau lakukan risetnya secara daring, lalu masaklah makanan yang berbeda setiap minggunya. Bila tinggal bersama anggota keluarga, ajak juga mereka untuk ikut menikmatinya bersama-sama. Dengan cara ini, Anda pun dapat sekalian melewatkan waktu berkualitas dengan orang terkasih.

4. Mendekorasi rumah

Cara lainnya agar Anda seperti sedang liburan adalah dengan mendekorasi rumah. Anda dapat memulainya dari tempat tidur, karena ruangan ini adalah tempat Anda melewatkan banyak waktu untuk beristirahat. Gantilah seprai dengan warna-warna netral, lalu letakkan mesin pembuat kopi mini di meja sudut, sehingga di pagi hari Anda dapat menikmati secangkir kopi sembari bersantai di atas tempat tidur.

Anda juga dapat menentukan tema kamar sesuai negara yang ingin Anda kunjungi dengan mencari ide secara daring. Misalnya, menggunakan alas tatami dan perabotan serba kayu untuk kamar tidur ala Jepang, atau menghiasi kamar dengan pernak-pernik eksotis untuk kamar ala Maroko.

5. Melakukan spa di rumah 

Melakukan spa di rumah tak berarti Anda harus memiliki bathtub untuk berendam. Anda dapat melakukan foot spa misalnya, dengan merendam kaki dalam baskom berisi air hangat dan garam.

Nyalakan juga lilin aromaterapi agar tubuh lebih rileks. Setelah itu, Anda dapat bersenang-senang dengan mengecat kuku tangan dan kaki, atau sekadar bersantai sembari mengenakan sheet mask.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here