Bangkai Kapal Berusia Seabad di Sydney Ini Kini Jadi Hutan Apung

0
2703

Lain kali mengunjungi Sydney, cobalah mampir ke Homebush Bay untuk melihat pemandangan unik berupa bangkai kapal yang dijuluki Floating Forest oleh warga setempat.

Homebush Bay dulunya merupakan pusat industri Sydney dengan kapal-kapal yang mengangkut batu bara dan minyak selama awal abad ke-20. Belakangan, perairan di sekitarnya terkontaminasi dengan limbah beracun dan masalah tersebut baru terselesaikan setelah lonjakan ekonomi usai Olimpiade 2000.

Kini daerah tersebut menjadi distrik komersial dan permukiman pinggir kota, namun pengunjung masih bisa melihat sekilas gambaran masa lalu teluk tersebut sebagai pelabuhan perdagangan yang sukses dengan keberadaan empat kapal barang yang dibiarkan berkarat di perairan.

Setelah digunakan puluhan tahun untuk mengangkut batu bara, minyak, dan pasokan perang, kapal-kapal itu akhirnya dinonaktifkan dan ditinggalkan begitu saja. Yang paling unik dari kapal-kapal ini adalah SS Ayrfield, yang secara ajaib telah ditumbuhi hutan pohon bakau yang rimbun.

Cabang-cabang pohon yang tumbuh subur menyeruak dari sisi-sisi kapal seberat 1.410 ton tersebut, dan perlahan-lahan menyelimuti lambung kapal. Sungguh mengherankan bahwa SS Ayrfield masih dapat mengapung hingga saat ini.

SS Ayrfield sendiri, yang tadinya dinamai SS Corrimal, merupakan kapal uap yang dibangun pada 1911 di Inggris. Kapal ini tadinya digunakan untuk mengangkut batu bata antara Newcastle dan Sydney selama abad ke-20, sebelum ditugaskan untuk mengangkut pasokan bagi pasukan Amerika Serikat yang ditempatkan di wilayah Pasifik selama Perang Dunia II.

Meski tak lagi digunakan, bangkai kapal ini kemudian menjadi populer di kalangan fotografer lokal melalui media sosial dan situs fotografi online, menjadikannya sebagai salah satu tempat paling menarik bagi pecandu kamera dan pencari wisata alternatif di Sydney.

Akses: Homebush Bay dapat ditempuh dengan naik bus atau kereta dari pusat kota Sydney menuju Central Station, dengan durasi sekitar setengah jam perjalanan. Kapal-kapal ini sendiri paling baik dilihat dari Shipwreck Lookout di Sydney Olympic Park.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here