Serunya Jalur Sepeda Gunung di Babus MTB Park, Padang

Foto: Dok. Google Maps/Jeffri Argon

Tanpa harus bepergian jauh ke luar kota, warga Padang maupun wisatawan yang sedang melewatkan liburan di sana memiliki banyak opsi tempat untuk bersepeda gunung. Salah satunya yang letaknya dekat dari pusat kota adalah Babus MTB Park.

Lokasi bike park satu ini ada di kawasan Batu Busuak, atau tepatnya di Jalan Koto Tuo, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh. Dari Kota Tua Padang, kamu dapat menempuhnya dengan bersepeda sejauh 15 km.

Foto: Dok. Google Maps/Deden Sanjaya

Perjalanan ke Babus MTB Park tak akan menemui rintangan berarti. Tanpa melewati tanjakan terjal, kamu akan melintasi jalan beraspal di kawasan perkotaan.

Semakin mendekati lokasi, jumlah permukimannya tak sepadat di pusat kota dengan pemandangan petak-petak sawah dan kebun yang terlihat dari kedua sisi jalan. Sebelum Universitas Andalas, kamu akan menjumpai persimpangan. Arahkan sepeda ke kiri untuk melintasi Jalan Koto Tua.

Dari situ, Babus MTB Park sudah dekat. Kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke lokasi. Bila tak yakin atau takut tersasar, tanyakan arahnya ke warga setempat.

Foto: Dok. Google Maps/Jeffri Argon

Pilihan Trek

Babus MTB Park menawarkan lintasan sepeda yang menantang dan siap menguji adrenalin para pesepeda. Kamu bisa menjumpai beragam obstacle di sepanjang lintasan, termasuk berm dan tabletop.

Untuk menaklukkan paduan tikungan tajam dan gundukan tanah ini tentu membutuhkan teknik dan kemampuan bersepeda yang andal. Namun buat pemula, jangan khawatir karena kamu bisa memilih untuk melintasi trek-trek yang lebih mudah untuk mengasah kemampuan bersepeda.

Foto: Dok. Google Maps/Jeffri Argon

Karena namanya MTB Park, tentu saja sebaiknya hanya menggunakan sepeda gunung untuk melintasi sejumlah lintasan yang ada di sini. Jenis sepeda gunung yang cocok digunakan untuk melibas rute di Babus MTB Park adalah Downhill, Enduro, Cross Country (XC), dan All Mountain (AM).

Biar aman, pastikan untuk selalu mengenakan perlengkapan bersepeda yang lengkap, dari helm, sepatu, sarung tangan, hingga pelindung siku dan lutut. Kemudian, jangan buru-buru adu cepat, namun pelajari dulu kondisi lintasan sepeda. Bila sehabis hujan, tentu saja medannya bakal lebih menyulitkan karena lebih licin dan becek.

Foto: Dok. Google Maps/Deden Sanjaya

Sepanjang bersepeda di sini, kamu tak hanya dapat menjajal trek sepeda yang seru dan menantang. Suasana sekitarnya pun masih alami, sehingga kamu dapat sekalian memanjakan visual sambil menikmati udara segar.

Dari sini, kamu bisa melihat hamparan perbukitan hijau yang menjadi latarnya. Lokasinya yang berada di 240 mdpl juga memungkinkanmu untuk melihat panorama kota dari ketinggian, selain Universitas Andalas dan PT Semen Padang yang letaknya tak jauh dari sini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here