7 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Selagi Bepergian

0
2567

Melakukan perjalanan tentu membuat tubuh kekurangan energi, terhambat sirkulasinya saat melakoni penerbangan jauh, atau gangguan sistem pencernaan karena mencicipi makanan asing. Tetap sehat selagi di jalan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, terutama saat bepergian di tengah pandemi. Selama di perjalanan, pastikan untuk memasok makanan sehat kaya vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, agar liburan Anda tidak terganggu.

  • Lemon

Vitamin C adalah antioksidan terbaik yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, menormalkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko serangan jantung, bahkan mencegah terjadinya demensia. Setidaknya tubuh manusia membutuhkan 75 miligram (wanita) hingga 90 miligram (pria) vitamin C setiap harinya, yang diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Lemon adalah salah satu bahan kaya vitamin C yang mudah dikonsumsi selagi di perjalanan. Saat menikmati jamuan makan, biasakan untuk meminum air dengan perasan lemon yang dapat meningkatkan imun tubuh dan menangkal demam serta pilek.

  • Bit

Penerbangan jauh lintas zona waktu besar peluangnya untuk merasakan jet lag dan semakin tidak nyaman jika Anda langsung menjelajah tempat wisata tak lama setelah tiba di tujuan. Untuk melawan jet lag, konsumsi jus bit untuk meningkatkan stamina. Buah bit juga mengandung antioksidan yang menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

  • Blewah

Buah yang biasanya banyak dijual saat bulan puasa ini memiliki manfaat penting yang baik dikonsumsi selagi bepergian. Blewah yang biasa dijadikan minuman segar atau dapat langsung dimakan ini kaya akan vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta adenosin yang meredakan Acure Mountain Sickness (AMS), penyakit yang disebabkan karena berada di ketinggian tertentu, yang mengakibatkan turunnya kadar oksigen dan tekanan udara.

  • Goji Berry

Buah ini sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2.000 tahun. Goji berry memiliki rasa manis dan dapat langsung dimakan atau dibuat jus juga teh herbal. Di perjalanan panjang, goji berry dapat dijadikan bekal sehat yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh juga sebagai sumber energi. Pejalan yang memiliki penyakit gula darah dapat terbantukan dengan mengonsumsi goji berry. Buah berwarna merah segar ini dapat menurunkan gula darah, mengurangi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula, dan memperbaiki sel yang memproduksi insulin.

  • Jahe

Tanaman herbal ini dipercaya dapat mengurangi peradangan, membantu pencernaan, dan melawan mual. Cukup masukkan potongan jahe ke dalam makanan atau teh sebelum tidur, untuk mendapatkan tubuh yang prima esok harinya.

  • Yogurt

Ketika Anda mencoba banyak makanan baru dan terasa asing, gangguan pencernaan sangat mungkin menyerang. Cegah rasa tidak enak ini dengan mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri baik dan berperan mendukung sistem pencernaan yang sehat.

  • Kunyit

Sebagai rempah-rempahan berbau pekat dan menyehatkan, kunyit tidak hanya berperan membentuk sistem kekebalan tubuh, tapi juga meredam radang sendi yang menyerang. Anda dapat menambahkan kunyit selagi menyeduh teh atau menyertakannya ke dalam makanan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here