Ini Cara Terbaik Rencanakan Liburan Setelah Pandemi Corona Berakhir

Saat ini, traveling hanyalah satu dari banyak kemewahan yang harus dihentikan untuk sementara waktu. Kita ditugaskan untuk menunda rencana perjalanan dan tetap tinggal di rumah agar dapat memutus rantai penyebaran virus corona. Tapi bukan berarti kita harus berhenti merencanakan liburan selanjutnya. Memang belum diketahui kapan pandemi ini akan berakhir, tapi kita pasti akan bisa kembali traveling. Untuk sementara waktu, gunakan cara-cara ini untuk mulai merencanakan liburan pasca-pandemi!

  1. Buat Rencana yang Fleksibel

Membuat rencana perjalanan bisa menjadi pengalih pikiran yang baik dari masalah pandemi corona. Rencana perjalanan memberi diri Anda harapan lewat sesuatu yang dinanti-nantikan. Tapi, harus Anda ingat bahwa pandemi corona ini belum berakhir. Perjalanan yang direncanakan dekat-dekat ini berisiko terkena pembatalan. Jika itu terjadi, Anda malah bisa jadi lebih tertekan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat rencana perjalanan yang fleksibel. Tidak perlu menentukan tanggal pastinya terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dengan memilih kota atau negara tujuan, merencanakan pada musim apa Anda akan berkunjung, dan tempat-tempat menarik mana saja yang dapat didatangi. Pikirkan rencana liburan jangka panjang. Misalnya untuk tahun 2021 atau bahkan lebih.

  1. Rencanakan Perjalanan yang Berarti

Saat membuat rencana perjalanan, pertimbangkan apa yang Anda inginkan dari perjalanan Anda berikutnya. Pikirkan tentang berbagai perjalanan yang telah Anda lakukan, pengalaman mana yang paling bermakna, berkesan, atau malah mengecewakan. Ini adalah momen langka di mana kita bisa berhenti sejenak dan memikirkan perjalanan seperti apa yang diinginkan selanjutnya.

Apakah Anda ingin berkunjung ke tempat yang lebih jauh, mencoba berlibur di tempat yang ekstrem, atau melakukan perjalanan dengan tujuan kemanusiaan. Untuk mendapatkan inspirasi perjalanan yang baru dan berarti, Anda juga bisa mulai membaca berbagai buku travel atau menonton video dan film dokumenter.

  1. Persiapkan Semua Detail Perjalanan

Dengan banyaknya waktu yang dimiliki saat ini, Anda bisa membuat rencana liburan yang sangat detail untuk memastikan liburan yang menyenangkan. Untuk lebih mengetahui detail perjalanan, Anda dapat mulai mencari tahu soal budaya dan sejarah tempat yang akan dikunjungi.

Media sosial juga bisa menjadi tempat yang baik untuk mencari detail suatu tempat. Misalnya, Anda bisa mengikuti pemandu-pemandu wisata lokal, atau koki-koki setempat. Dengan hanya melihat unggahan mereka saja, Anda akan tahu banyak soal karakteristik tempat tersebut. Anda pun akan bisa menikmati liburan layaknya orang lokal begitu tiba di sana.

  1. Simpan Hasil Pencarian Anda

Jangan biarkan semua rencana detail Anda terbuang sia-sia. Atur semua informasi yang didapatkan dari pencarian Anda dengan baik agar mudah untuk diakses kembali. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menyimpan daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Anda bahkan bisa mengunduh rencana perjalanan yang sudah dibuat agar bisa diakses secara offline saat liburan nanti. Jika ingin memiliki rencana perjalanan yang lebih berwarna dan penuh gambar, Anda bisa menggunakan Pinterest. Cukup tandai tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here