Menikmati Budapest Tanpa Mengeluarkan Sepeser Euro

0
1449

Budapest adalah salah satu ibu kota paling fotogenik di Eropa, yang wilayahnya dibelah Sungai Danube, di mana sejumlah situs dan atraksi wisata berjajar di sepanjang sungai. Walau berlabel Eropa, ibu kota Hungaria ini ramah bagi pelancong bujet yang menawarkan hiburan dan destinasi yang dapat dinikmati tanpa mengeluarkan sepeser euro. Inilah sejumlah aktivitas dan atraksi gratis di Budapest.

  • Menikmati Pemandangan Kota dari Janos-Hegy

Untuk pemandangan terbaik kota, pergilah ke Janos-Hegy, bukit tertinggi di Budapest dengan ketinggian 527 meter. Di puncak bukit, terdapat Elizabeth Lookout Tower yang menawarkan akses masuk gratis dan panorama luar biasa yang akan membuat Anda takjub dengan menaiki 134 anak tangga terlebih dulu. Jika datang saat hari cerah, pengunjung dapat melihat pemandangan membentang hingga puncak Pegunungan Tatra di Slovakia. Menara bersejarah ini dibangun awal 1900-an dan diberi nama setelah Permaisuri Elisabeth, istri Kaisar Franz Joseph I.

  • Mengagumi Seni Jalanan

Seperti sejumlah kota-kota Eropa lainnya, Budapest juga memberi kesempatan bagi pejalan untuk mengagumi sejumlah karya seni yang dipamerkan bagi publik secara gratis. Satu yang tersohor adalah karya Shoes on the Danube, yang merupakan 60 pasang sepatu besi yang dibuat sebagai penghormatan bagi orang-orang Yahudi yang ditembak kaum Fasis ke sungai saat Perang Dunia II. Selain itu, pergilah ke Yahudi Quarter untuk melihat mural berwarna-warni dan seni jalanan yang dibuat seniman terkenal, termasuk Space Invader, atau berjalan ke Filatorigat, satu-satunya dinding grafiti legal di Budapest, tempat Anda akan melihat karya-karya kreatif.

  • Mengunjungi Museum

Sejumlah museum ikonis di Budapest membuka pintu mereka secara gratis pada hari libur nasional Hungaria, yakni pada 15 Maret, 20 Agustus, dan 23 Oktober. Anda dapat memanfaatkan tiket masuk gratis ke Museum of Fine Arts, Hungarian National Gallery, Hungarian National Museum dan Museum of Hungarian Agriculture.

  • Menyusuri Basilika St. Stephen

Didedikasikan untuk raja pertama Hungaria, Basilika St. Stephen adalah katedral bergaya neoklasik yang membutuhkan waktu lebih dari setengah abad untuk dibangun. Pejalan dapat memasuki basilikia ini gratis, tetapi ada biaya untuk mengakses kubah yang memperlihatkan pemandangan kota yang mengesankan.

  • Menonton Konser Jazz 

Setiap 20 Agustus, orang banyak berkumpul di luar aula konser kontemporer Budapest untuk menikmati konser jazz gratis dalam perayaan Hari St. Stephen, yang merupakan hari libur nasional Hungaria. Acara populer ini berlangsung di Mupa, bersama dengan Teater Festival dan Museum Ludwig yang meramaikan area di bekas kawasan industri tersebut. Banyak pertunjukan diadakan di luar di Lapangan Banner yang berlangsung dari sore hingga tengah malam dan ditutup dengan atraksi kembang api besar.

  • Mengikuti Tur Jalan Kaki

Manfaatkan tur kota gratis, Free Budapest Tour yang populer dengan jadwal dua kali sehari, yaitu pukul 10:30 dan 14:30. Anda akan menjelajahi Kastel Budapest, Chain Bridge, Basilika St. Stephen, Istana Kerajaan selama lebih dari tiga jam dan mendapatkan wawasan berguna dan tip tentang budaya serta tradisi Hungaria. Walau gratis, partisipan dapat memberi tip sesuai pengalaman sepanjang tur.

  • Mencicipi Kuliner Lokal 

Central Market Hall adalah bangunan neo-gotik berlantai tiga yang dipenuhi kios-kios yang menjual makanan klasik Hungaria, seperti kifli (roti berbentuk croissant), lángos (donat gurih dengan bawang putih, krim asam, dan keju), kolbász (sosis asap), dan körözött (keju yang dibumbui paprika, baik dilapisi kifli). Beberapa kios ini menawarkan sampel makanan gratis.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here