Merencanakan Perjalanan di Musim Hujan

Walau bukan merupakan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan, namun berlibur di musim hujan dapat tetap menyenangkan, asalkan sebelum berangkat telah mempersiapkan diri dengan beberapa hal berikut.

  • Pertimbangkan Destinasi

Di musim hujan harus selektif memilih tempat-tempat yang akan dikunjungi. Jangan sampai terjebak dalam banjir, atau mengunjungi tempat-tempat terbuka, seperti pantai yang akan riskan terkena sambaran petir. Sebagai alternatif, bisa juga mengunjungi destinasi di belahan bumi selatan yang sedang mengalami musim panas pada Desember hingga Maret.

  •  Cek Prakiraan Cuaca

Sebelum berangkat ke mana pun, biasakan mengecek prakiraan cuaca tempat yang akan dikunjungi lewat sejumlah aplikasi cuaca yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

  • Pilih Penerbangan Langsung

Walau lebih mahal, namun inilah cara terbaik untuk traveling saat musim hujan demi menghindari keterlambatan atau penundaan pesawat akibat gangguan cuaca saat transit, yang tentu saja dalam situasi demikian, pengeluaran justru bertambah untuk membeli makanan dan minuman selama menunggu pesawat. Belum lagi bila harus menginap karena penerbangan ditunda. Kalau pun biaya penginapan ditanggung maskapai yang bersangkutan, tetap saja penumpang rugi waktu.

  • Kenakan Pakaian Simpel

Musim hujan identik dengan kondisi jalanan yang becek. Hindari menggunakan pakaian berat dan sulit kering, seperti jeans dan baju berbahan wol. Bawa dan kenakan pakaian yang ringan, fungsional, dan mudah kering (berbahan rayon, sifon, atau polyester). Untuk alas kaki, lebih baik mengenakan sandal gunung yang mudah kering dan tidak licin, atau sepatu boot dengan sol karet.

  • Bawa Perlengkapan Khusus

Daripada payung, jas hujan berkualitas yang mudah dilipat lebih nyaman dikenakan karena tidak membatasi gerak saat kehujanan. Pastikan juga membawa cover bag antiair agar barang di dalam ransel tidak basah, selain handuk kecil untuk mengeringkan tubuh bila basah. Agar lebih aman, gunakan dry bag saat beraktivitas di luar ruang, serta lindungi ponsel dan kamera dengan casing antiair sehingga dapat digunakan ketika hujan.

  • Cari Alternatif

Ganti aktivitas luar ruang dengan menonton pertunjukan seni atau mengunjungi sejumlah museum. Atau bisa juga mencari tempat-tempat hangout unik.

  • Jaga Kesehatan

Konsumsi multivitamin untuk mempertahankan sistem imunitas tubuh, seperti vitamin C.

  • Mandi Setelah Kehujanan

Meski dingin, bersihkan tubuh dengan air bersih yang hangat dan sabun agar terbebas dari air hujan yang mengandung banyak kuman dan merupakan sumber berbagai penyakit. Setelahnya, konsumsi minuman hangat agar suhu tubuh kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here