4 Destinasi Antimainstream di Vietnam, Semuanya Fotogenik!

0
1429

Salah satu wilayah di Vietnam yang masih jarang turis adalah di timur laut. Kalaupun pernah datang kemari, biasanya orang-orang hanya mampir ke Ha Long Bay.

Padahal, kawasan ini memiliki banyak destinasi wisata alam dengan panorama memukau. Tempatnya yang indah dan masih alami merupakan surga bagi para pecinta petualangan. Lain kali berniat ke Vietnam, pastikan untuk setidaknya mampir ke salah satu dari empat destinasi terbaik di timur laut negara ini.

  1. Dataran Tinggi Ha Giang

Terletak sekitar 400 kilometer dari Hanoi, Ha Giang merupakan daerah terpencil dengan lanskap pegunungan yang luar biasa. Berkunjung kemari, pelancong memiliki kesempatan tak terbatas untuk menikmati pesona pegunungan, melihat tebing-tebing kapur yang mengelilingi sungai menderu, sekaligus menyapa penduduk asli setempat.

Jangan lewatkan juga untuk mampir ke Dong Van Karst Plateau Geopark. Mencakup empat distrik berbeda, yakni Quan Ba, Yen Minh, Dong Van, dan Meo Vac, geopark luas ini memiliki sungai, hutan, dan pegunungan yang mengelilingi 17 desa etnis di dalamnya. Sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2004, Dong Van Karst Plateau Geopark juga menawarkan banyak situs warisan geologi yang membuka pandangan baru tentang sejarah Vietnam.

  1. Non Nuoc Cao Bang Geopark

Non Nuoc Cao Bang Geopark menempati area seluas 3.000 kilometer persegi. Tempat ini dipenuhi dengan kekayaan hayati dan budaya dari daerah pegunungan Vietnam. Wisatawan banyak berdatangan untuk melihat koleksi flora dan fauna yang ditawarkannya. Bukan itu saja, Non Nuoc Cao Bang Geopark juga memiliki banyak koleksi fosil, sedimen laut, dan batuan vulkanik, membuatnya cocok dikunjungi bagi para pecinta sejarah bumi.

Di tengah-tengah geopark ini, Air Terjun Ban Gioc berada. Air terjun terbesar di Asia Tenggara ini memiliki ketinggian hingga 30 meter. Airnya yang jernih berasal dari Sungai Quay Son, membuatnya terlihat berkilauan seperti batu giok. Di sekelilingnya terdapat hamparan luas sawah dan hutan bambu yang membuat keindahannya berlipat ganda. Tidak hanya melihatnya dari kejauhan, di sini wisatawan juga bisa berlayar dengan perahu kayu ke dekat air terjun.

  1. Danau Ba Be dan Taman Nasional Ba Be

Danau Ba Be dapat dikatakan sebagai permata tersembunyi di Provinsi Bac Kan. Danau ini merupakan titik temu dari tiga cabang sungai, yakni Pe Lam, Pe Lu, and Pe Leng, sehingga menjadikannya danau alami terbesar di Vietnam. Letaknya di tengah Taman Nasional Ba Be yang diberkati dengan keindahan sungai bawah tanah, gunung kapur, dan gua-gua kapur. Danau ini sendiri merupakan habitat bagi lebih dari 400 spesies tumbuhan dan 300 spesies hewan.

Ba Be diakui sebagai taman nasional Vietnam pada 1992. Keindahannya tercermin dari pegunungan kapur yang menjulang tinggi dan lembah-lembah raksasa. Hutan tropis lebat yang berada di taman nasional ini menyembunyikan banyak air terjun dan gua. Selain memiliki kekayaan alam yang tinggi, nilai budaya di dalam Taman Nasional Ba Be juga tidak kalah berarti. Tempat ini telah lama menjadi saksi hidup 13 desa suku Tay, Yao, dan Hmong.

  1. Teluk Bai Tu Long

Bila mencari destinasi wisata serupa Teluk Ha Long, pelancong bisa memasukkan Teluk Bai Tu Long ke dalam rencana perjalanan mereka. Destinasi wisata ini terletak di bagian timur laut Teluk Ha Long. Bai Tu Long memiliki keindahan lautan luas yang tampak tak berujung dengan formasi batuan besar yang muncul dari dasar laut, persis seperti Teluk Ha Long tetapi dengan lebih sedikit wisatawan.

Di Teluk Bai Tu Long, pelancong dapat menjelajahi perairan di antara batuan dengan berenang atau menggunakan kayak. Pelancong juga dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata di sekitar teluk, seperti area Cong Do, Gua Thien Canh Son, desa nelayan Vung Vieng, dan pantai Tra Gioi. Ada banyak pula pantai dan pulau-pulau sepi di sekitar teluk ini, seperti Quan Lan, Ngoc Vung, dan Cong Dong.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here