Ingin Jadi Travel Influencer? Kursus Gratis Ini Ajarkan Seluruh Keterampilan yang Anda Butuhkan

0
1237

Menjadi travel influencer bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan ini membutuhkan investasi besar, baik dalam waktu maupun uang. Tak hanya itu, Anda juga harus senang bepergian, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan tempat dan orang, dan mampu berkomunikasi setiap hari dengan khalayak luas lewat media sosial.

Berikut adalah beberapa kursus gratis yang dapat membantu Anda mengasah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi travel influencer yang sukses.

1. Bahasa

Bepergian jauh ke kota-kota yang sibuk dan tempat-tempat terpencil menekankan perlunya mengenal banyak bahasa, terutama bahasa nasional – dan kadang-kadang regional – dari berbagai negara. Penguasaan bahasa asing ini akan membantu Anda terhubung lebih banyak dengan komunitas lokal, sesuatu yang sangat diperlukan untuk membedakan perjalanan Anda dengan pelancong lain.

Cobalah langganan tiga bulan dari Rosetta Stone, atau mengikuti beberapa kursus bahasa gratis dari portal bahasa online Mango. Opsi lainnya adalah Fable Cottage untuk mendengarkan dongeng dalam bentuk audio dan video dengan pilihan bahasa Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia (saat ini gratis!).

2. Foto

Suatu gambar memang bernilai ribuan kata bagi mereka yang berada di industri perjalanan. Tentu saja, blog yang ditulis penting, tetapi sebagian besar blog memiliki foto yang bagus dan mendukung cerita mereka.

Cobalah Nikon School Online untuk kursus gratis tentang dasar-dasar fotografi, fotografi hewan peliharaan, dan fotografi lanskap. Nikon membuka akses ke kursus-kursusnya secara gratis hingga April dan awal Mei. Fotografer Amerika Scott Kelby juga menyelenggarakan webinar fotografi mingguan gratis. Platform pembelajaran virtualnya memiliki kursus gratis untuk semua orang yang ingin belajar keterampilan baru saat tinggal di rumah.

3. Keterlibatan di Media Sosial

Dengan begitu banyak travel influencer di luaran sana, akan lebih baik untuk menyuntikkan kesegaran ke dalam postingan Anda dan menemukan sesuatu yang orisinal yang dapat meningkatkan keterlibatan pembaca Anda. Anda mungkin dapat memilah berbagai jenis perjalanan yang ada – entah itu perjalanan keluarga, perjalanan solo, perjalanan berkelanjutan, dan lainnya – lalu mencari tahu mana yang Anda kuasai dan minati.

Skillshare menawarkan kelas gratis dalam strategi media sosial, termasuk cara untuk membuat dan mengkurasi konten, serta menemukan alat pemasaran yang tepat. Anda juga bisa mencoba kursus pemasaran online gratis Jonah Berger untuk memberi gambaran tentang cara menciptakan ide yang berkembang, sehingga Anda bisa memikirkan strategi pemasaran konten yang sukses dan mengetahui kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut.

4. Riset Kompetitor

Apa pun pekerjaan Anda, sangat penting untuk mencari tahu hal-hal yang dilakukan kompetitor Anda. Pelajari pola postingan mereka dan cari tahu cara mereka beradaptasi dengan teknologi yang cepat berubah.

Anda dapat mengikuti salah satu kursus gratis dari Udemy untuk belajar memantau media sosial, lalu menerapkan apa yang Anda pelajari untuk mengembangkan situs web Anda sendiri.

Di dunia kita sekarang ini, penting untuk mengetahui etika media sosial dan menggunakannya untuk membuat konten yang bermanfaat, positif, jujur, dan layak. Kursus gratis Eric Schwartzman tentang etika media sosial akan memberi Anda gambaran mengenai apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan jejaring sosial.

5. Menulis

Menjadi influencer berarti Anda mengandalkan kreativitas dan ekspresinya, yaitu melalui gambar atau kata-kata. Berbicara tentang menulis, penting untuk mengetahui bagaimana merangkai kalimat yang baik agar dapat tepat sasaran.

Teknik deskriptif yang kuat serta paragraf pendek dan ringkas juga sama pentingnya untuk menarik perhatian pembaca dan membantunya memvisualisasikan tempat yang Anda ingin mereka lihat dan kunjungi.

Pertajam keterampilan menulis Anda dengan kursus gratis oleh penulis Fiona Veitch Smith atau ikuti kelas menulis DIY MFA yang membantu Anda agar dapat menulis lebih baik dan menyusun strategi konten yang membuat pembaca terus datang ke blog Anda.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here