Menikmati Senja di Pantai dari Balik Batu Karang

Nama Jimbaran identik dengan deretan restoran seafood tepi pantai yang memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Namun Jimbaran punya pesona lain yang belum banyak diketahui orang. Tak jauh dari Pantai Jimbaran, terdapat sebuah pantai dengan hamparan pasir putih halus dan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya. Pantai bernama Tegal Wangi ini tidak besar, namun nampak cantik dengan gugusan batu karang yang terbentuk karena hempasan ombak.

Untuk mengakses pantai ini, wisatawan dapat menyusuri anak tangga dari ukiran batu karang di sisi tebing. Anak tangga ini cukup curam dan tajam sehingga wisatawan harus berhati-hati ketika memijakkan kaki. Tak mudah memang untuk melaluinya, namun perjuangan ini sepadan dengan keindahan tersembunyi pantai di balik tebing ini.

Begitu sampai di bawah, wisatawan langsung disambut dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang sesekali menghantam batu karang di sekeliling pantai. Air laut nampak segar menggoda dengan tampilannya yang jernih dengan warna putih-kebiruan. Pesona Pantai Tegal Wangi semakin bertambah dengan adanya pepohonan rindang yang tumbuh di tebing-tebing sekeliling pantai, memberi tambahan warna hijau segar pada pantai berpasir putih ini.

Selain duduk-duduk di atas pasir yang halus dan berkejaran dengan gulungan ombak di bibir pantai, wisatawan juga dapat menikmati kolam-kolam air alami yang terbentuk dari gugusan batu karang untuk berendam dan bermain air. Gelombang air laut yang kerap kali terhempas ke sisi kolam menambah sensasi seru berendam di sini. Apalagi dengan pemandangan indahnya yang mengarah langsung ke hamparan laut luas, tidak mengherankan jika spot ini banyak diburu para pecinta foto.

Pesona Pantai Tegal Wangi tidak sampai sini saja. Gugusan batu tebing yang mengelilingi pantai ini ternyata juga memiliki keindahannya sendiri. Tentu saja berfoto dengan latar belakang batuan besar ini sudah cukup mengagumkan, tapi ada pesona batu tebing yang mungkin terlewatkan oleh para wisatawan. Salah satu tebing batu ini membentuk gua dengan mulut yang lebar. Gua ini tidak besar, kedalamannya pun hanya sekitar empat meter. Tapi dari dalam gua ini, wisatawan bisa mendapatkan foto-foto pantai dan lautan biru dengan frame alami mulut gua. Duduk-duduk di dalam gua ini juga cukup menyenangkan, apalagi setelah seharian berjemur di bawah sinar matahari.

Saat terbaik untuk berkunjung ke Pantai Tegal Wangi adalah di sore hari menjelang matahari terbemam. Keindahan pantai ini seakan berlipat ganda dengan kehadiran matahari sore yang berwarna kemerahan. Sambil menunggu matahari terbenam, wisatawan bisa juga bergabung bersama warga setempat untuk memancing dengan alat-alat sederhana. Mencari ikan ditemani air laut yang memerah sambil duduk santai menikmati deburan ombak pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pantai Tegal Wangi berada di Jalan Tegal Wangi, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, atau sekitar 7,7 kilometer dari Pantai Jimbaran. Untuk mengakses pantai ini dari Pantai Jimbaran, wisatawan dapat melewati Jalan Raya Uluwatu sejauh 2,2 kilometer. Di bundaran, ambil jalan keluar ketiga ke Jalan Wanagiri lalu belok kiri ke Jalan Karang Mas sejauh 1,7 kilometer. Dari jalan ini, belok kanan ke Jalan Tegal Wangi lalu putar arah. Belok ke kiri untuk tetap berada di Jalan Tegal Wangi, kemudian ikuti jalan terus hingga menemukan Pantai Tegal Wangi di sisi kiri jalan.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here