7 Kejutan Unik dari Layanan Turndown Hotel di Berbagai Negara

0
482

Layanan turndown yang diberikan hotel-hotel berkelas bukan lagi merupakan hal yang baru. Dalam layanan yang hanya bisa diminta di malam hari ini, staf hotel akan merapikan bed cover dan ranjang untuk memastikan kenyamanan tidur para tamu. Biasanya, hotel juga akan memberikan hadiah-hadiah kecil seperti cokelat atau kuntum-kuntum bunga sebagai pemanis.

Tetapi, ternyata ada beberapa hotel yang memberikan layanan lebih kepada para tamunya. Ini adalah tujuh kejutan unik yang diberikan oleh hotel-hotel di berbagai negara dalam layanan turndown.

1. Literatur Klasik dari Milestone Hotel

London dikenal sebagai rumah para penulis literatur terkenal, dan Milestone Hotel siap memuaskan kehausan para tamu akan tulisan-tulisan ini. Hotel mewah yang terletak tak jauh dari Istana Buckingham ini menyediakan miniatur literatur klasik dalam layanan turndown-nya, biasanya dilengkapi dengan sebaran kuntum-kuntum bunga atau boneka beruang dengan hati di tangannya.

Para tamu bisa menikmati keindahan soneta karya Shakespeare atau berusaha memecahkan berbagai misteri bersama Sherlock Holmes. Tidak diragukan lagi, buku-buku klasik ini semakin seru dinikmati pada malam hari di London.

2. Boneka Anti Galau dari Casa Palopo

Casa Palopo di tepi Danau Atitlan, Guatemala menawarkan teman-teman unik untuk menemani malam para tamunya. Sekumpulan boneka kecil buatan tangan ditempatkan di samping bantal di setiap tempat tidur. Boneka bernama muñeca quitapenas ini siap mendengarkan keluhan para tamu.

Layanan unik yang diberikan Casa Palopo ini sebenarnya berasal dari legenda Guatemala. Dalam legenda ini, boneka sebesar jari tangan yang dibuat dari kain warna-warni ini dipercaya dapat menyerap kecemasan orang-orang dan membantu mereka menemukan kedamaian.

3. Bola Benih Pohon dari Tortilis Camp Amboseli

Pondok Penginapan Safari di Kenya, Tortilis Camp Amboseli, menyediakan berbagai hadiah dalam layanan turndown-nya, mulai dari salted toffee hingga ucapan selamat tidur berisi pepatah khas Kenya. Namun, hadiah paling unik dari hotel ini adalah bola benih pohon asli Kenya yang dibungkus dengan lapisan biochar.

Hal ini dilakukan supaya benih pohon tidak rusak atau menjadi makanan satwa liar. Para tamu hotel diharapkan dapat membawa bola-bola benih ini ketika bersafari, dan melemparnya di sekitar taman nasional untuk membantu pertumbuhan pohon-pohon baru.

4. Kejutan Romantis dari Rabbit Hill Inn

Rabbit Hill Inn di utara Vermont, Amerika Serikat, merupakan hotel bed and breakfast cantik yang dikhususkan untuk orang dewasa. Dengan tampilan elegan dan pemandangan pedesaan yang ditawarkannya, Rabbit Hill Inn memiliki nuansa yang sangat romantis.  Tidak heran bila layanan turndown yang ditawarkan juga turut memasukkan elemen romansa ke dalamnya.

Bagaimana mereka melakukannya? Ternyata, para staf hotel menambahkan nuansa romantis ini lewat alunan merdu musik jaz, lilin aromatik, dan lampu minyak yang dinyalakan di sekeliling kamar. Keranjang berisi camilan khas Vermont, seperti cokelat, botol sirup maple, dan wewangian lavender, juga turut disajikan. Tak hanya itu, tamu hotel juga diberikan kejutan lain berupa boneka kelinci yang senang bersembunyi di tempat-tempat tidak terduga. Boneka yang merupakan maskot hotel bernama Harry the Rabbit ini tentunya ikut senang melihat kamar yang berhasil disulap menjadi tempat yang sangat romantis.

5. Teh dan Buku dari Gild Hall

Bicara tentang New York, kita biasanya membayangkan kota metropolitan yang modern dan tidak pernah tidur. Namun, Gild Hall malah menawarkan suasana pedesaan sederhana dengan hiasan dari kuningan di setiap kamarnya.

Sebelum para tamu tidur, staf hotel menyajikan secangkir teh hangat beserta catatan tulisan tangan dan esai karya E.B. White tahun 1949 berjudul Here is New York yang bisa disebut sebagai surat cinta untuk New York. Tulisan indah White yang masuk ke dalam mimpi para tamu pasti menjadikan pagi hari di New York semakin menakjubkan.

6. Hadiah Pengusir Energi Negatif dari Fusion Maia Da Nang

Fusion Maia Da Nang, hotel bintang lima dengan pemandangan pantai di pusat Vietnam, memberikan hadiah kecil yang istimewa untuk para tamunya. Hadiah ini berupa batu garam pink Himalaya berbentuk hati yang dipercaya dapat membersihkan energi negatif dengan ion-ion positif yang ada di dalamnya.

Fusion Maia Da Nang juga memberikan kartu berisi kutipan dari Thich Nhat Hanh, biksu asal Vietnam yang juga merupakan aktivis damai. Lewat kartu kutipan itu, para tamu diajak untuk bermeditasi sebelum tidur dengan kata-kata sederhana seperti “Be Free Where You Are” dan “I Have Arrived, I Am Home”.

7. Buku Mewarnai dari Kimpton Carlyle Hotel

Siapa bilang buku mewarnai hanya untuk anak-anak? Kimpton Carlyle Hotel di Washington, D.C. percaya bahwa kegiatan mewarnai bisa membantu menenangkan pikiran orang dari hari yang sibuk dan menjenuhkan. Oleh sebab itu, hotel ini memberikan buku mewarnai dewasa dan pensil warna untuk para tamunya setiap malam.

Kimpton Carlyle Hotel ini sendiri terletak tidak jauh dari pusat budaya Washington, D.C. dengan museum-museum seninya yang spektakuler. Mungkin keberadaan museum seni ini turut memengaruhi keputusan Kimpton Carlyle Hotel untuk mendekatkan para tamunya pada seni mewarnai.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here