Perjalanan Darat, Kunci Singkap Pesona Australia Barat

0
655

Cara terbaik menikmati keindahan alam Australia Barat yang beragam adalah dengan perjalanan darat naik mobil selama beberapa hari atau bahkan minggu melewati pantai-pantai perawan, kebun-kebun anggur penghasil minuman anggur terbaik, hingga panorama jurang dan pedalaman yang spektakuler.

Hanya 4,5 jam penerbangan dari Jakarta menuju  Perth sebagai titik awal petualangan perjalanan darat, ibu kota Australia Barat ini pun layak untuk diinapi beberapa hari untuk menikmati beragam pilihan rooftop bar, restoran mewah yang kontemporer, serta lorong-lorong tersembunyi yang dipenuhi street art menuju bar dan kafe bawah tanah yang unik. Perth telah bertransformasi berkat pengembangan Optus Stadium yang berkapasitas 60.000 tempat duduk yang mendorong para investor untuk membangun berbagai akomodasi premium, terutama di kawasan Elizabeth Quay dan ruang publik baru seperti Yagan Square.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2017, wisatawan Indonesia mengaku menyukai Australia karena pantai dan kawasan pesisirnya, selain alam dan satwa liarnya yang unik. Australia Barat memiliki itu semua, sehingga berikut kami sajikan rute perjalanan darat menjelajahi pesona kawasan Australia yang menawan ini.

1. Rockingham
Berkendara 40 menit ke selatan Perth akan tiba di pulau-pulau yang belum terjamah dan terumbu karang di Shoalwater Islands Marine Park yang dihuni penguin dan lumba-lumba. Rockingham menawarkan pengalaman berenang bersama kawanan lumba-lumba yang kerap melewati perairan pesisir ini, selain dapat pula sekadar dinikmati dari atas kapal tanpa harus basah dengan menceburkan diri ke laut. Dari sini, dengan naik feri juga bisa tiba di Penguin Island yang dihuni koloni pinguin terbesar di pantai barat Australia.

2. Mandurah
Mandurah yang dapat ditempuh selama 55 menit berkendara dari Perth ke arah selatan merupakan penghasil seafood utama di Australia Barat. Pemandu yang berpengalaman di Mandurah Cruises tahu persis lokasi untuk menemukan makanan lezat terbaik di wilayah ini, sekaligus memberikan pengalaman menangkap kepiting blue swimmer yang terkenal di dunia, udang karang, dhufish khas Australia Barat, ikan kakap, dan ikan groper.

3. Fremantle
Memiliki gedung-gedung tua dari abad 19 yang telah direstorasi, perjalanan satu hari ke Fremantle yang dapat ditempuh dalam hanya 30 menit berkendara ini patut diagendakan. Fremantle adalah perpaduan eklektik dan eksentrik dari berbagai hidangan, bir produksi rumahan, aneka minuman kopi terbaik, butik unik dan musik, serta komunitas seni dan festival. Jangan lewatkan juga kunjungan ke pabrik bir Little Creatures, atau salah satu pojok restoran dan bar tersembunyinya.

4. The Pinnacles
Terletak di Nambung National Park, dalam perjalanan 2,5 jam ke utara Perth ini sesekali mata akan mendapati kawanan kanguru. Di perjalanan juga dapat mampir untuk mencoba sandboarding di Lancelin, serta mencicipi kelezatan hidangan laut Cervantes yang terkenal, lobster western rock. Jika bepergian antara Juli dan Oktober, kawasan ini akan dipenuhi hamparan bunga liar yang akan sangat mengundang untuk menghentikan kendaraan untuk berfoto.

5. Swan Valley & Perth Hills
Dengan hanya 25 menit berkendara dari Perth, terdapat hamparan kebun anggur tertua di Australia Barat, serta winery dan pabrik bir pemenang penghargaan bernama Swan Valley.  Kawasan ini dipenuhi restoran al fresco, toko makanan gourmet, toko kerajinan dan studio seni yang semarak.

6. Margaret River
Memiliki predikat sebagai pusat makanan dan anggur kelas dunia dengan lebih dari 150 winery, restoran mewah, penyulingan bir, galeri seni dan toko bahan makanan segar, Margaret River juga menawarkan pantai-pantai indah untuk menyaksikan paus dan hutan dengan pepohonan tinggi dan aneka bunga liar. Jangan lewatkan menaiki kereta listrik di atas perairan Geographe Bay ke Underwater Observatory. Margaret River dapat ditempuh selama tiga jam berkendara dari Perth ke arah selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here