5 Tempat Menarik di Praha

0
363

Selain Kota Tuanya yang impresif, berikut lima tempat lain yang juga menarik untuk dikunjungi ketika berada di Praha.

  • Dinding Lennon

Berlokasi di jalan yang tidak terkenal dan jauh dari keramaian turis, setiap inci dari dindingnya dihiasi grafiti indah yang terinspirasi dari kisah hidup John Lennon dengan lirik-lirik lagu Beatles. Wajah John Lennon adalah yang pertama kali digambar pada dinding di seberang Kedutaan Perancis, sebagai bentuk simpati setelah ia terbunuh pada Desember 1980. Tak lama kemudian, dinding itu menjadi wadah ekspresi politik masyarakat setempat yang memprotes rezim komunis yang berkuasa. Beberapa kali polisi mencoba menghapus grafiti di sini, namun usaha tersebut siasia karena selalu ada saja seniman graffiti yang kembali mencorat-coret dinding milik Knights of Malta yang berlokasi di Velkopřevorské náměstí (Grand Priory Square), Malá Strana. (Akses: turun tangga dari ujung Charles Bridge).

  • Sex Machines Museum

Berada tak jauh dari Old Town Square, museum tiga lantai yang kontroversial ini memajang berbagai alat bantu mekanis untuk melakukan hubungan seksual, berikut demo penggunaannya. Beberapa peralatan berasal dari abad 16, selain terdapat sepatu yang pernah dikenakan pekerja seks komersial Yunani, peralatan seksual yang pernah digunakan di sebuah penjara wanita di Jerman, dan beberapa film dewasa pertama yang pernah dibuat di dunia. Dibuka pada 2002, museum ini merupakan satu-satunya di dunia yang secara eksklusif memajang mesin untuk berhubungan seksual. Menurut penjaga museum, pengunjung museum khusus dewasa ini kebanyakan turis dari negaranegara yang masih menganggap seks adalah hal yang tabu. (Akses: berjalan kaki tiga menit dari Old Town Square, Melantrichova 476/18, tiket 250 koruna).

  • Josefov

Perkampungan Yahudi antara Old Town Square dan Sungai Vltava ini telah ada sejak abad 13, ketika orang-orang Yahudi dipaksa meninggalkan properti mereka untuk tinggal di area ini. Selama berabad-abad, mereka dilarang menghuni daerah lain di Praha. Seiring waktu, Yahudi pendatang dari Moravia, Jerman, Austria, dan Spanyol pun turut bergabung, sehingga kawasan ini semakin ramai dan kawasan sempat ditata ulang. Untungnya masih ada bangunan orisinal yang tersisa, seperti Jewish Ceremonial Hall, Old Jewish Cemetery, dan enam sinagoga dengan yang paling terkenal adalah Spanish Synagogue. Harga tiket ke masing-masing bangunan tersebut adalah mulai 200 koruna, dan hindari datang di hari Sabtu karena merupakan hari Sabat bagi masyarakat Yahudi, di mana berbagai tempat di sini tutup. (Akses: Staromestska Metro Station).

  • Petrin Hill

Dapat diakses dari Ujezd dengan naik kereta funicular, Petrin Hill hampir seluruhnya berupa taman bunga dan lapangan rumput, sehingga banyak warga ke sini untuk berpiknik dan berolahraga. Di bukit ini juga terdapat Petrin Tower (versi mini dari Menara Eiffel), Mirror Maze (labirin kaca),  (sejumlah patung yang tubuhnya terkoyak), dan Church of Saint Michael the Archangel. Setinggi 300 meter, dari bukit ini juga dapat disaksikan pemandangan Praha dengan julangan ratusan, dan bahkan ribuan, menara yang mendominasi cakrawala.

  • Kampa Island

Dinobatkan sebagai salah satu pulau tercantik dan paling romantis di dunia, Kampa Island di Sungai Vltava ini terpisah oleh Devil’s Stream dari Lesser Town. Karena sering banjir, hingga abad 16 hanya ada taman dan beberapa penggilingan padi di pulau seluas 2,6 hektar ini. Setelah sisa-sisa bangunan dari kebakaran di Lesser Town pada 1514 digunakan untuk membendung sungai dan melindungi rumah dari banjir, pemukiman yang tadinya dihuni warga yang tak mampu membeli rumah di pusat kota ini pun mulai diminati kaum bangsawan dan tokoh ternama lainnya, terutama setelah didirikan Liechtenstein Palace pada abad 17. Bangunan menarik lain di sini antara lain Museum Kampa yang menempati bangunan Neogotik dari Sova’s Mills, serta rumah nomor tujuh yang pernah dihuni aktor terkenal Ceko, Jan Werich. (Akses: terhubung tangga dari Charles Bridge).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here