7 Oleh-oleh Khas Praha yang Wajib Anda Beli

Lain kali ke Praha, jangan lewatkan membawa pulang oleh-oleh berikut ini.

KOSMETIK & PERAWATAN TUBUH DARI BIR
Bir diolah menjadi sabun, sampo, krim muka, lip balm, hingga hair balm, dan salah satu yang memproduksi kosmetik dengan bahan utama bir adalah Manufaktura. Selain bir, bahan-bahan alami lain pun turut ditambahkan sehingga ketika wangi birnya hilang, berubah menjadi aroma buah. Gerai-gerai Manufaktura dapat ditemui di berbagai pusat perbelanjaan di Praha.

MARIONETTE
Marionette merupakan boneka yang digerakkan dengan tali atau kawat dari atas oleh seorang dalang yang disebut marionettist. Marionette mahal karena boneka-boneka ini dibuat dengan ketelitian, ukuran, serta tema yang berbeda-beda. Penjual marionette dapat ditemukan di hampir setiap toko suvenir di kawasan Kota Tua.

KRISTAL BOHEMIA
Terbuat dari kaca berkualitas yang dilelehkan kemudian dipadatkan menjadi perhiasan, gelas, cawan, vas bunga, patung, tokoh film animasi, hingga aneka bentuk flora maupun fauna, semakin rumit dan besar bentuknya, maka harganya pun semakin mahal. Kristal khas Bohemia ini dapat ditemukan di berbagai toko suvenir, salah satunya Moser yang sudah beroperasi sejak 1857 dan menyediakan layanan tur ke pabrik untuk melihat pembuatan kristal ternama ini.

SPA WAFERS
Makanan ringan ini mudah ditemui di sejumlah pasar swalayan atau toko suvenir. Spa wafers paling terkenal diproduksi Kolonada seharga 3,99 euro per boksnya. Berbentuk bulat sebesar piringan hitam, kudapan ini renyah, serta bercita rasa hazelnut, vanili, dan cokelat.

MAINAN KAYU
Selama ratusan tahun, mobil-mobilan, kereta, hingga aneka bentuk binatang dan karakter dari kayu yang digantungkan pada seutas pegas ini menjadi mainan favorit anak-anak Ceko. Banyak dijual di toko-toko suvenir dengan harga yang beragam, semakin besar dan rumit pembuatannya, maka harganya pun semakin mahal.

BATU DELIMA
Batu campuran ruby dan safir ini digunakan untuk hiasan anting, liontin, cincin, dan gelang. Batu yang asli memiliki sertifikat dan harganya lebih mahal karena dihitung sesuai beratnya. Salah satu toko yang bersertifikat adalah Granat Turnov yang berlokasi di Dlouhá 28, Pánská pasáž – Na Příkopě 23, dan Panská 1/892.

BECHEROVKA
Minuman beralkohol kebanggaan masyarakat Ceko ini mengandung 38 persen alkohol. Terbuat dari fermentasi jahe dan rempahrempah untuk menghangatkan tubuh, becherovka disajikan dengan es dan perasan jeruk lemon, selain kadang dicampur air tonik dan disebut “beton”. Selain menghangatkan, campuran minuman ini dipercaya berkhasiat menjaga kesehatan dan stamina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here