Bonus Pendakian di Bukit Hitam, Ada Air Terjun dan Kawah Aktif

Foto: Instagram @anakularr

Terletak di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Bukit Hitam merupakan salah satu destinasi pendakian baru di Bengkulu yang menyuguhkan indahnya air terjun maupun kawah sumber air panas. Dengan pemandangannya yang masih alami, kunjungan kemari dapat dilakukan untuk mencari suasana baru di tempat yang masih belum dijamah banyak orang ataupun sekadar melepas penat.

Untuk mencapai Bukit Hitam, kamu dapat melakukan perjalanan dari kota Bengkulu menuju Kepahiang selama sekitar 1,5 jam. Dari situ, lanjutkan menuju Desa Wisata Air Sempiang selama satu jam. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan udara sejuk, kicauan burung, maupun panorama perkebunan teh dan perbukitan.

Foto: Instagram @rdhonrrhmn

Setibanya di pos pendakian, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalur tanah. Ada empat atraksi yang bisa kamu nikmati di Bukit Hitam, yakni Air Terjun Bidadari, Air Terjun Dua Putri, Kawah Air Panas, dan Puncak Bukit Hitam.

Dari Pos 1 menuju air terjun waktu tempuhnya sekitar dua jam. Sementara puncaknya yang setinggi 1.933 mdpl dapat diakses dengan pendakian sekitar 7-8 jam. Medannya sendiri cukup menantang, dengan salah satunya melewati Tebing Ambyar, yakni trek yang licin dan menanjak.

Foto: Instagram @berbagi_ruang

Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa dari puncak bukit. Pengunjung dapat melihat hamparan hijau hutan yang luas serta puncak-puncak yang berderet di sekitar bukit. Kamu bisa duduk santai di sana sambil memandangi panorama alam yang menawan tersebut, ataupun mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto sebanyak mungkin.

Selain itu, Bukit Hitam juga merupakan destinasi sempurna untuk berkemah. Spot yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda adalah padang sabana maupun puncaknya. Opsi lainnya, kamu bisa menikmati camping di Desa Wisata Air Sempiang sebelum ataupun sesudah pendakian di Bukit Hitam. Fasilitasnya cukup lengkap, dari penyewaan tenda dan perlengkapannya, hingga listrik dan toilet.

Foto: Dok. Google Maps/Bayu Suhenda

Sejumlah pendaki yang ingin bertualang bisa melakukan pendakian sampai tiga hari dua malam di sini. Sementara yang memiliki waktu liburan lebih singkat lebih memilih untuk melakukan pendakian tektok dan mengunjungi air terjunnya yang masih asri.

Untuk mendaki di Bukit Hitam sendiri kamu hanya dipungut biaya Rp5 ribu per orang. Pastikan sudah menyiapkan perlengkapan dan perbekalan yang kamu butuhkan untuk mendaki di sana. Jangan remehkan pula pendakian di Bukit Hitam, persiapkan fisik dengan baik sebelum menjelajahinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here