Lukisan Lanskap Alam Karya Mangu Putra di Pameran Serenity

Foto: Dok. Can’s Gallery

Mangu Putra tengah menggelar pameran tunggal terbarunya yang berlangsung hingga hingga 15 Mei 2023 di Can’s Gallery. Bertajuk Serenity, pameran ini menghadirkan seri lukisan lanskap terbaru Mangu Putra yang lahir dari pengalamannya saat bersentuhan dengan ‘keindahan yang berserakan’ di alam.

Dalam esainya, pengamat seni rupa Arif Bagus Prasetyo menuliskan bahwa karya lukis Mangu Putra kali ini tak seperti sebelumnya yang kerap berhubungan kuat dengan religiositas atau spiritualitas. Di Serenity, karya lukisnya hadir tanpa menyimpan pretensi, asosiasi, atau pesan di baliknya.

Foto: Instagram @cansgallery

“Pemandangan lembah, gunung, tanah, batu, pepohonan, dan sebagainya tampil dengan sepenuh kekayaan bentuk dan warnanya, hampir-hampir secara hiperrealistis, tanpa dibebani wacana pemikiran tertentu,” begitu catatnya.

Menariknya, lukisan Mangu Putra tak hanya menampilkan keindahan alam, tetapi juga memancarkan perasaan tertentu dalam diri Mangu yang ia tuangkan lewat lukisan. “Ada keterkejutan yang mengiringi kilau bunga merah, ada respek terhadap ketuaan dan sambutan terhadap regenerasi.”

Foto: Instagram @mangu_putra

Mangu Putra memiliki nama lengkap Agung Mangu Putra. Perupa kelahiran 11 Mei 1963 di Banjar Selat, Sangeh, Bali ini telah menyelesaikan pendidikan di jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada 1990.

Usai lulus kuliah, ia tetap melukis sambil bekerja sebagai desainer dalam pembuatan kalender, spanduk, baliho, dan sebagainya. Namun jiwa seninya yang begitu kuat membuat dirinya memutuskan melukis penuh pada 1998. Terlebih sejak pameran tunggal pertamanya di Ubud pada 1990, namanya semakin dikenal luas sebagai salah satu pelukis terbaik di Indonesia.

Foto: Instagram @cansgallery

Mangu Putra sendiri sudah beberapa kali menerima penghargaan. Salah satunya adalah untuk karya terbaiknya dalam desain komunikasi visual pada 1988 dan 1990 di ISI Jogja. Ia juga merupakan salah satu dari 10 pemenang The Philip Morris Indonesian Art Award 1994.

Bila tertarik melihat karya Mangu Putra di pameran Serenity, silakan datang langsung ke Can’s Gallery yang beralamatkan di Jalan Tanah Abang II No. 25, Gambir, Jakarta Pusat. Pameran dapat dikunjungi setiap Senin hingga Sabtu pukul 10:00 hingga 17:00.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here