Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Jakarta Half Marathon 2023 Digelar 20 Agustus

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menggelar Jakarta Half Marathon 2023 pada 20 Agustus mendatang. Lomba lari massal jalan raya ini merupakan bagian dari rangkaian acara hari ulang tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perayaan ini menjadi lebih spesial karena digelar untuk terakhir kalinya di Jakarta sebagai ibu kota negara, sebelum tahun depan dipindahkan ke Nusantara, Kalimantan Timur. Dengan total kuota peserta sebanyak 10 ribu orang, ajang lari ini diharapkan mampu menggugah semangat juang masyarakat Indonesia dalam merayakan kemerdekaan.

Lomba akan berlangsung di Plaza Tenggara Monas, dengan rute yang melintasi area utama ibu kota. Didukung oleh MRT Jakarta dan Perkumpulan Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, salah satu daya tarik kegiatan ini adalah dukungan sistem transportasi cerdas selama aktivitas lari. Oleh karena itu, pilihan rutenya pun akan melalui area di mana layanan sistem transportasi cerdas ini tersedia.

Peserta akan melewati area stasiun MRT dan titik tengah jalur lomba tertinggi 21K akan berada di bawah Stasiun Layang MRT Jakarta Blok M BCA. Lomba ini sendiri melombakan tiga pilihan kategori, dari 5K, 10K, hingga 21K.

Selain menjadi ajang olahraga, Jakarta Half Marathon juga bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta. Lapangan Banteng akan menjadi pusat aktivitas UMKM, termasuk lokasi pengambilan perangkat lari pada 17 hingga 19 Agustus 2023. Saat acara berlangsung, para peserta maupun pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan menarik, seperti pertunjukan kesenian khas Betawi dan beragam kuliner Betawi yang lezat.

Registrasi

Lomba terbuka bagi peserta nasional dan internasional serta tersedia kelas master usia 40 hingga 50 dan 50 ke atas. Pelajar juga dapat mengikuti lomba ini, namun hanya untuk kategori 5K.

Registrasi via jakartahalfmarathon.com paling lambat 31 Juli 2023, atau bisa lebih cepat jika kuota telah terpenuhi. Peserta diimbau untuk segera mendaftar mengingat jumlah slot yang terbatas. Saat ini, kategori untuk 5K Nasional dan 5K Student sudah penuh. Yang tersedia hanyalah 10K Nasional, 21K Nasional, dan 21K Open.

Biaya registrasi adalah Rp250 ribu untuk kategori 10K, Rp400 ribu untuk kategori 21K Nasional, dan Rp650 ribu untuk kategori 21K Open. Hadiah disediakan untuk juara 1, 2, dan 3 dengan kelompok Open, Nasional, dan Master 40+, Master 50+, dan pelajar pada kategori pria dan wanita. Info lebih lanjut, kunjungi situs resmi Jakarta Half Marathon atau akun Instagram @jakarta.hm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here