Liburan Imlek di Jakarta, Bisa ke Mana Saja?

Jakarta menjadi tujuan yang menarik selama perayaan Tahun Baru Imlek. Dengan komunitas Tionghoa yang kuat, kota ini menyajikan berbagai pilihan tempat menarik untuk merayakan kegembiraan Imlek. Berikut adalah beberapa destinasi menarik yang dapat dikunjungi selama liburan Imlek di Jakarta.

1. Vihara Dharma Bhakti

Vihara Dharma Bhakti atau yang sering dikenal sebagai Kim Tek Le, adalah kelenteng tertua di Jakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1650. Selama Imlek, vihara ini menjadi pusat perayaan dengan dekorasi meriah dan kegiatan keagamaan yang khas.

2. Petak Sembilan

Petak Sembilan merupakan pasar tradisional di kawasan Glodok yang selalu ramai dikunjungi, terutama menjelang perayaan Imlek. Di sini, pengunjung dapat berburu berbagai dekorasi dan kebutuhan perayaan Imlek seperti kue keranjang, permen, camilan, buah, dan pernak-pernik Imlek lainnya.

3. Petak Enam

Terletak di utara Petak Sembilan, Petak Enam adalah pusat wisata kuliner dan belanja dengan nuansa oriental. Tempat ini menyajikan gaya arsitektur klasik Cina dengan ornamen serba merah dan emas yang menciptakan atmosfer Imlek yang kental. Pengunjung dapat menikmati kuliner khas Cina dan Nusantara dari lebih dari 30 tenant yang tersedia, serta menikmati spot-spot foto Instagrammable.

4. Gedung Candra Naya

Gedung Candra Naya di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat merupakan salah satu dari dua rumah mayor Tionghoa Batavia yang masih berdiri di Jakarta. Tampak kontras dengan gedung pencakar langit sebagai latarnya, kamu bisa berkeliling dan melihat rumah dengan arsitektur Tionghoa yang menawan ini.

5. Taman Budaya Tionghoa

Foto: Dok. Google Maps/Raynardthan Pontoh

Taman Budaya Tionghoa, yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, menjadi destinasi menarik bagi pengunjung yang ingin merakan nuansa khas Tionghoa yang kental. Kamu bisa melihat berbagai hal yang menarik di sini, seperti deretan patung dan monumen, jembatan, pagoda, dan bangunan unik lainnya.

6. Pantjoran PIK dan Old Shanghai

Rayakan Imlek di Pantjoran PIK, Pantai Indah Kapuk, atau Old Shanghai di Sedayu City, Kelapa Gading yang bernuansa Pecinan, lengkap dengan gerbang dan pagodanya yang ikonik, bangunan khas berhiaskan lampion, maupun mural-mural yang cantik sebagai spot foto. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pertunjukan barongsai dan pameran khusus Imlek lainnya sembari mencicipi berbagai hidangan lezat yang tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here