5 Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Penyu

Penyu merupakan salah satu hewan laut paling tua di dunia. Konon, penyu sudah hidup di bumi sejak 200 juta tahun lalu.

Bila tertarik untuk melihat langsung hewan purba ini di habitatnya, inilah sejumlah tempat terbaiknya.

  1. Pantai Laniakea, Hawaii

Pantai Laniakea yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Penyu terletak di pantai utara Pulau Oahu, Hawaii dekat kota Haleiwa. Pantai indah ini merupakan rumah untuk penyu honu (sebutan warga setempat untuk penyu hijau). Sepanjang tahun, penyu-penyu ini akan datang ke tepi pantai untuk makan rumput laut sambil berjemur.

Selain melihat penyu, pengunjung juga dapat scuba diving dan snorkeling di perairannya. Tidak jarang pula di dalam air ini wisatawan dapat berjumpa langsung dengan sejumlah penyu. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, sebaiknya kunjungi pantai ini di musim semi, panas, dan gugur.

  1. Pulau Tioman, Malaysia

Pulau Tioman terkenal akan keindahan tropis dan keberadaan penyunya. Pulau ini dilengkapi dengan pusat perlindungan penyu yang bertugas melindungi telur dan membantu anak-anak penyu mencapai laut. Mulai Mei hingga Oktober, wisatawan akan dapat menemukan penyu hijau dan penyu sisik bertelur di sepanjang pantainya.

Tidak sulit menemukan penyu di pulau ini berkat keberadaan bunga-bunga karang yang menarik perhatian hewan ini. Aktivitas snorkeling juga bisa jadi pilihan menarik bagi wisawatan yang ingin melihat aksi penyu di bawah air.

  1. Pulau Heron, Australia

Salah satu tempat terbaik di Australia untuk melihat penyu adalah di Pulau Heron. Pulau ini terletak di sebelah selatan Great Barrier Reef. Saat musim bersarang, pulau ini akan dipenuhi dengan penyu hijau dan penyu tempayan. Di Pulau Heron, wisatawan dapat belajar lebih banyak soal penyu sambil melihat mereka bertelur. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat penyu-penyu ini dari jarak dekat. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau ini adalah di musim semi hingga musim gugur.

  1. Playa Grande, Costa Rica 

Pantai indah ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat penyu belimbing. Wisatawan bisa melihat spesies penyu ini sepanjang tahun di Playa Grande. Dari tujuh spesies penyu, penyu belimbing ini adalah yang terbesar dengan berat mencapai 700 kilogram. Musim bersarang penyu belimbing jatuh pada Oktober hingga Maret. Berkunjung di bulan-bulan ini memungkinkan wisatawan untuk melihat anak penyu menetas dan memulai perjalanannya menuju lautan.

Untuk bisa melihat penyu belimbing selama masa bersarang, wisatawan perlu didampingi oleh pemandu wisata. Hal ini penting untuk memastikan agar keberadaan wisatawan tidak mengganggu penyu, sarang, serta telurnya. Biasanya paket wisata untuk melihat penyu ini diadakan setelah matahari terbenam.

  1. Trio Gili, Indonesia

Trio Gili di Lombok terdiri atas tiga pulau kecil, yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiganya merupakan rumah bagi penyu hijau dan penyu sisik dengan cangkangnya yang memesona. Kedua spesies penyu ini berada dalam pengawasan pusat perlindungan penyu.

Kepulauan Gili merupakan surga untuk para penyelam. Kedalamannya bisa mencapai 10 meter di bawah permukaan laut. Wisatawan yang belum siap untuk aktivitas menyelam bisa juga melakukan snorkeling. Di waktu-waktu tertentu, pengalaman snorkeling ini akan makin seru ditemani kawanan penyu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kepulauan Gili dan melihat penyu-penyu ini adalah mulai Maret hingga September.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here