Gunung Mutis, Puncak Mistis yang Menyimpan Sejuta Pesona

Foto: Dok. Google Maps/Al Ihsan A. Firdaus

Berkat lanskap alamnya yang memukau, Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak destinasi wisata yang menawarkan keindahan luar biasa. Selain deretan pantainya yang terkenal, puncak-puncaknya pun tak kalah eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Gunung Mutis yang terletak di Pulau Timor.

Setinggi 2.427 mdpl, Gunung Mutis secara administratif terletak di perbatasan antara Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Selain menjadi tujuan pendakian yang populer, gunung ini juga dikenal sebagai tempat bersejarah menurut legenda setempat.

Foto: Dok. Google Maps/Tengakarta

Konon, puncak gunung ini merupakan tempat raja-raja Timor berkumpul untuk membahas dan membagi wilayah kekuasaan mereka. Setelah setiap raja mendapatkan wilayahnya masing-masing, mereka menyebut ‘mutis’ yang artinya lengkap.

Persiapan 

Sebelum memulai perjalanan menuju puncak Gunung Mutis, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, pastikan kondisi fisik dan kesehatan dalam keadaan baik. Pendakian Gunung Mutis tergolong ringan hingga moderat. Meskipun demikian, latihan fisik standar sebelum pendakian dapat meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Foto: Instagram @anjaspremana

Perlengkapan yang dibawa juga memegang peranan penting. Selain perlengkapan pendakian standar seperti sepatu gunung, jaket, dan tas carrier, pastikan untuk membawa perlengkapan tidur dan pakaian hangat, terutama jika berniat menghabiskan malam di gunung.

Akses

Perjalanan ke puncak gunung ini dimulai dengan menuju Soe terlebih dahulu. Dari Kupang, kota ini bisa dicapai dengan berkendara sekitar 3 jam. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Desa Fatumnasi yang merupakan titik awal pendakian.

Bila ingin bermalam di desa tersebut, kamu bisa menginap di Lopo Mutis. Homestay ini menawarkan rumah-rumah bulat khas suku Timor dengan ranjang berkelambu di dalamnya.

Foto: Instagram @ervan_dimu

Pemilik homestay sekaligus juru kunci gunung dapat membantu mencarikan pemandu lokal untuk mengantar ke puncak Gunung Mutis. Gunung Mutis memang dikeramatkan warga setempat, dan untuk mendakinya, perlu dilakukan ritual persembahan. Karena itu, siapa pun yang ingin kemari mesti ditemani pemandu.

Menuju Puncak

Umumnya pendakian menuju puncak dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam. Cukup melelahkan memang, namun sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan yang indah.

Di Padang 1, kamu bisa menjumpai hamparan rumput luas dengan Gunung Mutis sebagai latarnya. Spot ini merupakan tempat favorit pendaki untuk menyaksikan matahari terbit. Keberadaan hewan-hewan yang sedang merumput, seperti sapi dan kuda, bakal membuat hasil foto makin apik.

Foto: Instagram @kece__outdoor

Perjalanan dilanjutkan memasuki hutan, sebelum tiba di Padang 2. Hamparan rumputnya lebih luas dan lebih terbuka di Padang 1. Sepuasnya berfoto di sini, lanjutkan pendakian memasuki hutan kembali untuk mulai mendaki ke puncak melalui medan yang cukup terjal.

Tak seperti puncak gunung pada umumnya, puncak Gunung Mutis terletak di kawasan hutan dan ditandai dengan batu bertuliskan 2.427 mdpl. Meski terhalang pepohonan, kamu masih bisa menyaksikan pemandangan lembah yang indah maupun lautan awan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here