Bertualang ke Curug Cikanteh, Destinasi Liburan Seru di Sukabumi

Foto: Instagram @k_sebudi

Liburan singkat ke Geopark Ciletuh di Sukabumi dapat menjadi pengalaman yang berkesan. Dengan atraksi alamnya yang beragam, ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dalam satu perjalanan. Sebut saja Curug Cikanteh yang telah lama menjadi destinasi pilihan bagi para pencinta alam dan pencari petualangan.

Curug Cikanteh menawarkan pemandangan air terjun yang menakjubkan dengan tiga tingkat air terjun yang mengalir deras. Dikelilingi oleh hutan lebat dan sungai-sungai yang jernih, suasananya begitu asri dan alami, cocok untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Foto: Instagram @rivaldi_penzol

Akses

Perjalanan menuju Curug Cikanteh dapat dimulai dari Sukabumi. Dari situ, perjalanan dilanjutkan menuju Ciemas dengan waktu tempuh sekitar tiga jam, kemudian menuju Dusun Cikanteh selama sekitar satu jam.

Rute trekking dimulai dari Curug Sodong yang terletak di area parkir. Dari situ, jarak menuju Curug Cikanteh sekitar 350 meter dengan waktu tempuh 15 menit. Tak terlalu jauh memang, namun medannya cukup menantang.

Foto: Dok. Google Maps/Shinta Juwita VA

Pengunjung mesti berjalan menembus hutan melalui jalur yang sempit, penuh bebatuan, dan banyak tanjakan. Tak hanya itu, mereka juga harus melalui jembatan bambu untuk menyeberangi sungai.

Namun, setiap langkah akan terbayar lunas setibanya di Curug Cikanteh. Setinggi sekitar 60 meter, curug ini menyuguhkan panorama yang eksotis dengan debit air yang mengalir melewati formasi bebatuan besar. Sementara itu, di sekelilingnya tampak pepohonan rimbun yang membuat suasana semakin asri.

Foto: Instagram @singgihwindarko_12

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat beraktivitas di sekitar Curug Cikanteh. Kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun menjadi tempat yang sempurna untuk berenang dan bersantai. Bebatuan yang tersebar di sekitar curug juga menjadi tempat yang ideal untuk duduk sambil menikmati gemuruh air terjun.

Tips

  • Persiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan, dan pastikan mengenakan pakaian yang nyaman maupun alas kaki yang sesuai untuk trekking.
  • Selalu waspada dan berhati-hati, terutama ketika berada di sekitar air terjun yang deras.
  • Disarankan untuk pergi bersama teman atau secara berkelompok, jangan sendirian.
  • Karena lokasi curug ada di tengah hutan dan jalurnya cukup membingungkan, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti, selain perbekalan yang cukup.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian alam. Bawalah kembali sampah-sampah yang dihasilkan selama perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here