Borneo Extreme Trail Ajak Peserta Menjajal Ekstremnya Hutan Kalimantan

Buat kamu para penyuka lari lintas alam, ada event baru yang tak boleh kamu lewatkan nih, yakni Borneo Extreme Trail. Ajang ini sedianya digelar 2020, namun akhirnya ditunda karena pandemi Covid-19 dan diagendakan akan digelar pada 22 Februari mendatang.

Sebelumnya dikenal sebagai Extreme Jungle Run, Borneo Extreme Trail merupakan pelopor lomba lari lintas alam di Kalimantan dan sudah ada sejak 2014 lalu. Daya tariknya adalah rutenya yang dirancang berbeda tiap acara digelar dan akan ‘lenyap’ beberapa waktu setelah lomba selesai.

Foto: Instagram @muhammadisro10

Pasalnya, rutenya tersebut dibuat melintasi alam yang masih asri. Seiring waktu, jalur tersebut tentunya akan kembali tertutup, entah oleh semak-semak, rerumputan, atau ranting pepohonan.

Borneo Extreme Trail sendiri menawarkan rute yang terbilang ekstem dan menantang, bahkan bagi para pelari lintas alam kawakan sekalipun. Karena itu, banyak persiapan yang mesti dilakukan sebelum mengikuti lomba tersebut.

Foto: Instagram @ayyuub_lagii

Sepanjang perjalanan, pelari akan melewati hutan yang rapat, barisan perbukitan yang seakan tiada habisnya, tanaman berduri, jalur licin dan penuh lumpur, hingga aliran sungai kecil. Selain medan yang menyulitkan, berlari di hutan tropis yang kondisinya lembap dan panas tentunya mempercepat dehidrasi.

Tertarik mengikuti Borneo Extreme Trail 2022? Ada beberapa kategori yang ditawarkan, yakni 10K, 20K, dan 30K.

Persyaratan untuk kategori 20K adalah peserta pernah finish minimal 10K Trail Run atau 21K Road Race. Sementara untuk kategori 30K, peserta wajib pernah finis minimal 21K Trail Run atau 42K Road Race. Selain itu, peserta harus sudah divaksin penuh, atau satu kali vaksin namun disertai swab antigen.

Foto: Instagram @ayyuub_lagii

Slot terbatas, yakni 250 orang untuk 10K, 100 orang untuk 20K, dan 50 orang untuk 30K. Per hari ini (24/1), slot yang masih tersedia adalah untuk kategori 10K dan 20K. Karena itu, segera registrasi bila ingin turut berpartisipasi dalam ajang ini.

Biaya pendaftarannya adalah Rp449 ribu untuk 10K, Rp499 ribu untuk 20K, dan Rp599 ribu untuk 30K. Registrasi via extremejunglerun.com.

Foto: Instagram @grachea

Peserta pria dan wanita di setiap kategori akan masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai untuk juara 1, 2, dan 3. Juara 1 kategori 10K mendapatkan Rp1 juta, juara 2 Rp 750 ribu, dan juara 3 Rp500 ribu. Juara 1 kategori 20 K mendapatkan Rp1,5 juta, juara 2 Rp1 juta, dan juara 3 Rp750 ribu. Juara 1 kategori 30K mendapatkan Rp2 juta, juara 2 Rp1,5 juta, dan juara 3 Rp1 juta.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi situs resminya di laman ini atau ikuti akun Instagram @extremejungle.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here