Edukasi Pernikahan sampai Kelahiran Lewat Instalasi Seni Positif Journey

Foto: Instagram @hy__mel

Pameran seni seringkali dianggap sebagai sarana untuk mengapresiasi keindahan dan ekspresi seni yang beragam. Namun, di era modern ini, seni juga dapat menjadi alat yang kuat untuk mendidik dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting dalam masyarakat. Salah satu contohnya adalah pameran seni Positif Journey yang diselenggarakan di Mall of Indonesia, Jakarta Utara.

Merupakan hasil kolaborasi antara Sensitif dan Haluu World, Positif Journey memadukan seni dengan pendidikan tentang pernikahan, perencanaan keluarga, kehamilan, dan kelahiran. Menempati area seluas sekitar 1194,32 meter persegi, para pengunjung diajak untuk menjalani perjalanan yang penuh makna dan mendidik.

CEO PT Danpac Pharma, Yoevan Wiraatmaja, menjelaskan bahwa Positif Journey ingin mengajak para pasangan muda untuk mempersiapkan proses kehamilan yang sehat bagi ibu dan anak. Pameran ini dirancang untuk membantu mereka yang merencanakan pernikahan agar dapat membayangkan dan merasakan momen-momen bahagia saat menjalani kehidupan berumah tangga. Ini adalah langkah yang sangat penting, mengingat betapa vitalnya perencanaan keluarga dan kehamilan yang sehat bagi masa depan masyarakat.

11 Ruangan Instalasi Seni yang Unik

Pameran ini menawarkan pengalaman unik dengan 11 ruangan instalasi seni yang berbeda-beda. Setiap ruangan menceritakan bagian berbeda dari perjalanan pernikahan hingga kelahiran.

Foto: Instagram @hy__mel

Misalnya, pengunjung akan memasuki suasana pernikahan di Tunnel, yang dihiasi dengan dekorasi bunga yang cantik. Visualnya yang memukau dan sangat Instagrammable ini mengundang pengunjung untuk berbagi momen mereka di media sosial.

Uniknya, saat panel-panel di dinding ruangan dinyalakan, muncul tulisan berupa pertanyaan yang sering dilontarkan kepada pasangan muda saat mereka baru menikah. Beberapa di antaranya adalah ‘Udah isi belum?’, ‘Kapan nih punya momongan’, dan ‘Banyak anak, banyak rezeki’.

Foto: Instagram @hy__mel

Di ruangan selanjutnya, pengunjung juga akan menjumpai interior yang tak kalah menarik. Sebut saja ‘To Do Lists’ yang berupa daftar panjang hal-hal yang mesti dilakukan sebelum punya anak, maupun Fertile Period yang memberikan penjelasan mengenai cara menghitung masa subur.

Selain tampilan yang menarik, Positif Journey menawarkan edukasi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Ruangan Insemination adalah contohnya, di mana pengunjung diibaratkan sebagai sperma yang sedang berlomba-lomba menuju sel telur. Terinspirasi dari game Pac-Man, pengunjung harus melewati rintangan-rintangan yang mencerminkan perjalanan sperma menuju sel telur.

Foto: Instagram @hy__mel

Ada pula instalasi perosotan di ruangan Give Birth. Mereka yang bermain di perosotan tersebut diibaratkan sebagai buah hati yang keluar dari rahim. Nantinya, di ruang Menstruation, pengunjung akan disuguhkan instalasi yang menampilkan nuansa darah merah.

Di akhir pameran, pengunjung, terutama para pria, dapat mengikuti simulasi unik untuk merasakan rasanya nyeri saat haid. Selain itu, mereka bisa bermain di claw machine untuk mencoba peruntungan mendapatkan sejumlah pernak-pernik menarik.

Foto: Instagram @hy__mel

Komitmen Sosial

Tak hanya menyajikan pameran yang mengedukasi, Sensitif juga memperlihatkan komitmen sosial yang penting. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengurangi angka stunting di Indonesia, Sensitif menyumbangkan santunan senilai Rp50 juta kepada Yayasan 1000 Days Fund yang bergerak dalam penanganan stunting.

Pameran seni Positif Journey dapat dikunjungi hingga 24 September 2023 di Lantai 2 Mall of Indonesia, Jakarta. Pengunjung dapat mengakses pameran ini secara gratis dan tanpa perlu melakukan registrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here