Jelajahi Keindahan Karanganyar dalam Siksorogo Lawu Ultra 2023

Foto: Instagram @siksorogo

Siksorogo Lawu Ultra merupakan salah satu acara lari lintas alam di Jawa Tengah yang selalu dinanti oleh para runners. Tak hanya menantang, rute larinya menyuguhkan pemandangan memukau, dari kawasan Tawangmangu hingga puncak Gunung Lawu.

Di edisinya yang keempat yang berlangsung pada 2-3 Desember mendatang, Siksorogo Lawu Ultra 2023 akan menawarkan beragam kategori jarak yang dapat dipilih. Sebut saja Fun Trail 7K maupun Trail 15K dan Trail 30K yang melewati perbukitan daerah Lawu Utara, mulai dari Gunung Mitis, Gunung Cemoro Wayang, hingga hutan pinus.

Foto: Instagram @siksorogo

Kemudian, ada Ultra Trail 50K yang melewati pegunungan di sekitar wilayah Sekipan, dengan rute Sekipan, Cemoro Wayang, Candi Mongkrang, Cemoro Kandang, Puncak Lawu, Candi Cetho, Kebun Teh Kemuning, Segoro Gunung, Tahura, Telaga Madirdo, Pancot, hingga Sekipan.

Sementara peserta Ultra Trail 80K akan melintasi Desa Beruk, Wonomulyo, Gunung Jobolarangan, Gunung Mongkrang, Cemoro Kandang, Puncak Lawu, Candi Cetho, Kebun Teh Kemuning, Kebun teh Ngargoyoso, Segoro Gunung, Tahura, Telaga Madirdo, Pancot, sebelum finis di Sekipan.

Foto: Instagram @siksorogo

Pendaftaran secara daring via siksorogo.id hingga 30 September. Biaya Rp300 ribu untuk kategori 7K, Rp600 ribu untuk kategori 15K, Rp800 ribu untuk kategori 30K, Rp1,1 juta untuk kategori 50K, dan Rp1,3 juta untuk kategori 80K. Ada tambahan biaya Rp100 ribu untuk peserta WNA.

Grand Final ATM 2023

Tahun 2023 menjadi tahun istimewa bagi Siksorogo Lawu Ultra karena akan menjadi tuan rumah bagi Grand Final Asia Trail Master (ATM) Championship 2023. Ini merupakan kompetisi lari lintas alam di tingkat Asia, di mana para pelari tangguh akan bersaing untuk memperebutkan gelar Asia Trail Master 2023.

Foto: Instagram @siksorogo

Rute utama 77 km akan menguji peserta dengan tantangan luar biasa, termasuk pendakian dan penurunan Gunung Lawu yang menantang. Dengan puncaknya yang berada pada ketinggian 3.265 mdpl dan total kenaikan elevasi mencapai lebih dari 5.000 m, acara ini benar-benar akan menguji fisik dan mental para pelari.

Untuk mengikuti ATM Championship Final, para pelari harus meraih poin ATM selama setahun. Maksimal lima pelari pria dan lima pelari wanita dengan poin tertinggi dari setiap negara Asia akan mendapatkan undangan untuk bergabung dalam perlombaan final. Setiap peserta juga harus sudah menyelesaikan minimal dua perlombaan ATM sepanjang tahun.

Foto: Instagram @siksorogo

Pelari dengan catatan waktu terbaik akan diakui dalam upacara podium, di mana 10 pelari pria dan wanita terbaik akan menerima penghargaan, begitu pula dengan tim negara terbaik. Semua informasi terkait acara, termasuk pendaftaran, rute, dan persyaratan, dapat ditemukan di situs resmi Siksorogo Lawu Ultra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here