Wisata Lintas Alam Kalisidi, Fun Run 6K dan 10K

Foto: Dok. Google Maps/Imam Santosa

Terletak di kaki Gunung Ungaran, Desa Kalisidi di Ungaran Barat, Semarang menyuguhkan pesona alam yang menawan dengan hamparan luas rerumputan, sawah, dan pepohonan hijau sejauh mata memandang. Selain asri, hawanya pun cukup sejuk, sehingga berwisata di sini dapat menjadi pilihan untuk melepas penat dan menjauh sejenak dari keramaian.

Karena belum banyak yang tahu destinasi ini, Pemerintah Desa Kalisidi bersama Pokdarwis Katurangga menggelar ajang lari lintas alam bertajuk Wisata Lintas Alam Kalisidi. Kegiatan ini bersifat fun run untuk menelusuri segala kekayaan alam yang dimiliki Desa Kalisidi.

Foto: Dok. Google Maps/Rudi Himawan

Jalurnya akan melintasi permukiman warga, perkebunan, dan perbukitan. Meski jarak tempuhnya hanya 6 dan 10 km, pihak panitia memastikan medannya cukup menantang. Di sepanjang jalur juga nantinya akan disiapkan pos-pos sebagai lokasi checkpoint maupun tempat istirahat.

Detail rutenya adalah sebagai berikut.
6K: Rest Area Sinongko – Cenginging – Sitotok – Embung Katurangga – Lapangan Desa Kalisidi – Kali Mblondo – Sedawung – Rest Area Sinongko

10K: Rest Area Sinongko – Cenginging – Sitotok – Embung Katurangga – Lapangan Desa Kalisidi – Sibonggol – Kandang Komunal Compok – Simangu – Brongebrouw Siancar – Dalan Seling – Petilasan Sorowono – Kebun Siboyo – Rest Area Sinongko

Foto: Dok. Google Maps/Rudi Himawan

Wisata Lintas Alam Kalisidi akan digelar pada Kamis, 20 Februari 2022, dengan start mulai pukul 07:00 di Rest Area Sinongko. Biaya pendaftaran sebelum 18 Februari 2022 adalah Rp80 ribu, sementara setelahnya menjadi Rp100 ribu.

Biaya tersebut sudah termasuk tanda pengenal peserta, topi, air mineral, voucer makan, dan dokumentasi. Peserta juga berkesempatan memenangkan door prize. Sementara peserta dari luar kota disediakan fasilitas homestay sekadarnya di Rest Area Sinongko.

Foto: Dok. Google Maps/Imam Santosa

Untuk registrasi, silakan isi formulir pendaftarannya secara daring di bit.ly/pendaftaranWISLAK2022. Peserta juga bisa melakukan pendaftaran secara langsung di hari H melalui pihak panitia di loket retribusi Air Terjun Curug Lawe.

Peserta diwajibkan bersepatu dan berpakaian olahraga sopan. Selain itu, jangan lupa siapkan tumbler untuk bekal air minum dan jas hujan, siapa tahu cuaca sedang tidak mendukung.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here