Hiking ke Curug Layung, Jangan Lewatkan Camping di Tengah Hutan Pinus

Foto: Instagram @dikikhaerudin

Kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu menyimpan deretan destinasi menarik untuk para penggemar wisata alam, dari pemandian air panas, hamparan kebun teh, dan deretan curug yang menanti untuk dijelajahi. Salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah Curug Layung yang terletak di kawasan Cisarua.

Berada di ketinggian 1.400 mdpl, Curug Layung tak hanya menyuguhkan hawa sejuk, namun juga memiliki pemandangan yang memanjakan visual. Curug ini memang tak begitu tinggi, namun mengalir di lahan berundak bertingkat tiga yang membuat tampilannya makin eksotis.

Foto: Instagram @bosave21

Terlebih, curug yang menempati lahan seluas 10 hektar ini terletak di balik hutan pinus yang asri. Pemandangannya yang serba hijau ini, ditambah suara kicauan burung dan angin sepoi-sepoi, akan seketika meredakan stres yang bertumpuk akibat rutinitas harian.

Suguhan Panorama Menawan

Curug Layung menawarkan dua akses utama, yakni dari pintu gerbang utara maupun gerbang bawah. Opsi yang disebut pertama ini lebih mudah diakses dengan kendaraan roda empat. Dari situ pula kamu tinggal berjalan kaki sebentar hingga sampai curug.

Foto: Instagram @affiatfarid

Sementara opsi yang kedua menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh, selain medannya pun lebih menantang. Namun, di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan hamparan perkebunan teh yang menawan, selain akan melewati beberapa curug lain.

Buat pemula, ada baiknya mengakses Curug Layung lewat pintu gerbang utara. Dari situ kamu tinggal berjalan sekitar satu kilometer hingga ke lokasi air terjun. Dalam perjalanan pun kamu akan menjumpai bumi perkemahan yang terletak di antara pepohonan pinus.

Foto: Instagram @ramli_azhari

Bumi perkemahan ini cocok buat kamu yang ingin merasakan bermalam di tengah hutan pinus dengan lokasi yang cukup dekat dari air terjun. Areanya sendiri cukup luas dan dapat menampung beberapa tenda sekaligus. Dari situ, kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu di kejauhan.

Selain bersantai di dalam tenda, kamu bisa berkeliling area tersebut untuk berburu foto. Pihak pengelola telah menyiapkan sejumlah spot foto menarik untuk mengabadikan momen liburanmu di Curug Layung. Sebut saja dek kayu yang dibangun bersisian dengan tebing, perahu yang dibuat seolah melayang, atau sejumlah bangku yang dihias menarik.

Foto: Instagram @ilhamayhall

Untuk mengakses Curug Layung, kamu hanya dikenakan biaya Rp10 ribu per orang. Sementara yang ingin berkemah cukup membayar Rp20 ribu per orang. Untuk fasilitasnya, saat ini sudah tersedia toilet, kamar mandi, musala, warung, dan area parkir.

Jangan lupa bawa tenda dan perlengkapannya bila ingin berkemah di sini. Kemudian, siapkan perbekalan yang cukup untuk berjaga-jaga bila warung tutup atau tidak menjual makanan dan minuman yang diinginkan. Terakhir, kemas pula pakaian hangat maupun jas hujan dan payung untuk mengantisipasi cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here