3 Jalur Sepeda Gunung untuk Dijelajahi di Pokemon Bike Park

Foto: Instagram @skuadidaw

Bagi warga ibu kota, bersepeda di alam terbuka dapat menjadi pilihan untuk melewatkan akhir pekan setelah hari-hari sebelumnya mengayuh pedal di kawasan perkotaan yang riuh dan penuh polusi.

Selain udaranya lebih segar, bersepeda sambil menikmati pemandangan yang indah dan menyusuri medan yang menantang dapat menjadi sensasi tersendiri bagi para pehobi sepeda gunung.

Untungnya, tak jauh dari ibu kota banyak tempat bersepeda yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pokemon Bike Park yang terletak di Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Foto: Dok. Google Maps/Rafi Bike TV

Meski secara administratif masuk wilayah Bogor, bike park ini bisa kamu akses dengan mudah dari kawasan Cibubur atau Depok. Misalnya, dari Trans Studio Mall Cibubur, jaraknya hanya sekitar 10 km. Sementara dari Emeralda Golf Club di Depok, kamu bisa menempuhnya dengan bersepeda sejauh 8,8 km.

Pokemon Bike Park sendiri sudah beroperasi tiga tahun lamanya, dan kerap dikunjungi oleh para pegowes untuk mengasah kemampuan bersepeda mereka. Tak sedikit pula pemula yang datang kemari untuk berlatih.

Foto: Instagram @nicholasfiandie

Seluas lima hektar, Pokemon Bike Park menawarkan konsep one-stop bike park. Dalam satu tempat, pegowes dapat menjajal tiga jalur sepeda sekaligus, yakni untuk XC, pump track, maupun dirt jump. Pengunjung bebas memilih jalur sesuai preferensi.

Obstacle atau tantangannya sendiri beragam, dari roller coaster, gap jump, table top, hingga berm. Selagi menaklukkan tantangan tersebut, kamu akan disuguhkan hijaunya kawasan pinggiran kota di Pokemon Bike Park.

Foto: Dok. Google Maps/Adeerr

Biar tetap aman selagi bersepeda, pastikan untuk selalu mengenakan perlengkapan keselamatan, seperti helm, sarung tangan, dan sepatu yang sesuai. Kemudian, pastikan sepeda dalam kondisi prima dan dapat digunakan untuk bersepeda di medan yang beragam.

Bila masih pemula, sebaiknya tanyakan jalur mana yang cocok dengan kemampuan, dan jangan paksakan diri untuk mengambil trek yang terlalu sulit. Saat ini, Pokemon Bike Park membebaskan biaya masuk, kecuali untuk kunjungan Sabtu-Minggu dengan diberlakukan tiket sebesar Rp5 ribu per orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here