Menikmati Keindahan Menoreh dari Gunung Kendil

Foto: Dok. Google Maps/Toni Hermanto

Dengan Pegunungan Menoreh yang membentang di barat Kulonprogo, Yogyakarta menawarkan banyak puncak yang bisa didaki oleh para pendaki. Salah satunya yang cocok untuk pemula adalah Gunung Kendil yang terletak di Nglambur, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo.

Walau namanya gunung, puncaknya tak setinggi gunung-gunung lain yang ada di Jawa. Setinggi 1.019 mdpl, Gunung Kendil menyuguhkan medan yang tak terlalu menanjak dengan jarak yang cukup pendek. Dari area parkir, kamu bisa mencapai puncaknya dalam waktu 15 menit.

Foto: Instagram @fazizan_anwar

Untuk memudahkan pendakian, pastikan mengenakan alas kaki yang pas. Pasalnya di beberapa titik ada jalur yang cukup curam. Kalau perlu, kenakan pakaian berlengan panjang maupun celana panjang untuk melindungi kulit dari sinar matahari maupun ranting dan semak-semak.

Waktu terbaik menuju puncak adalah menjelang matahari terbit hingga sebelum pukul 12:00. Selain pemandangannya lebih indah, semakin siang biasanya akan semakin ramai pengunjung.

Foto: Instagram @wiraseto

Saat matahari terbit, kamu bisa menyaksikan indahnya hamparan perbukitan Menoreh. Bila beruntung, Candi Borobudur juga bisa terlihat dari puncak Gunung Kendil. Tak hanya itu, kamu juga akan disuguhkan keindahan gunung-gunung lain yang ada di kawasan tersebut, seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Akses

Gunung Kendil dapat dicapai dari pusat kota Yogyakarta dengan berkendara sekitar 1,5 jam. Waktu tempuhnya kurang lebih sama bila diakses dari Magelang.

Foto: Instagram @anggarawepe

Dari area parkir, kamu bisa menitipkan kendaraan, kemudian melanjutkan perjalanan ke puncak. Karena belum dikelola secara profesional, kamu tak perlu membayar tiket masuk. Cukup siapkan uang untuk biaya parkir kendaraan.

Di lokasi tak ada fasilitas apa pun kecuali area parkir dan spot foto. Sebelum berangkat, siapkan sendiri bekal makanan dan minuman untuk mengisi perut selama di perjalanan. Opsi lainnya, kamu bisa bersantap di sejumlah kafe dan restoran yang ada di dekat Gunung Kendil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here