U R My Inspiration, Pameran Karya Beyond Crap di Selasar Sunaryo

Foto: Instagram @selasarsunaryo

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) di Bandung tengah menggelar pameran terbarunya tahun ini yang bertajuk U R My Inspiration: Love Letters to the *** World. Dikuratori oleh Krishnamurti Suparka, pameran yang berlangsung hingga 25 Juni 2023 ini menampilkan komik strip karya Beyond Crap (BC).

Tajuk pameran yang unik ini sengaja dipilih untuk menyiratkan susunan kata-katanya. Pasalnya, karya komik strip tersebut bagaikan rangkaian surat cinta yang didedikasikan pada dunia yang namanya sengaja disamarkan.

Foto: Dok. Selasar Sunaryo

Hal ini dilakukan agar penikmat seni dapat menerka-nerka siapa yang menerima surat cinta tersebut, atau bahkan menebaknya dengan mudah karena surat cinta itu dikemas secara unik menjadi pameran seni rupa di Selasar Sunaryo.

Sebagai bagian dari generasi yang secara alami terbiasa dengan platform daring dan dunia digital, Beyond Crap menemukan rujukan artistiknya dari Pinterest, Instagram, dan Google Images. Namun dalam penggayaan, karya-karyanya mengingatkan akan salah satu masa keemasan ilustrasi di Amerika Serikat pada era 40-an hingga 60-an.

Foto: Instagram @selasarsunaryo

Tak heran, karena Beyond Crap terinspirasi oleh karya-karya kartunis Peter Arno dan Charles Addams maupun ilustrator Abner Graboff. Karena itu, dalam karya Beyond Crap, penikmat seni dapat melihat humor dan sarkasme yang memainkan peran utama.

Menyusuri gambar demi gambar, penikmat seni dapat melihat skenario atau kejadian yang mungkin terasa akrab. Meski narasi yang ingin disampaikan sulit dimengerti, aspek emosi atau perasaan yang ditunjukkan oleh karakter-karakter dalam gambar tetap cukup jelas terlihat.

Foto: Dok. Selasar Sunaryo

Sebagian besar karya komik strip yang terpajang dalam pameran ini merupakan hasil cetakan dengan sinar ultraviolet. Sementara sisanya menggunakan media seperti akuarium maupun kaus putih.

Pameran U R My Inspiration dapat kamu nikmati setiap harinya, kecuali Senin. Jam operasionalnya adalah mulai pukul 10:00 hingga 17:00. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @selayarsunaryo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here