Pantai Sulamadaha, Spot Snorkeling Favorit di Ternate

Foto: Instagram @rvanmy

Sulamadaha merupakan salah satu pantai di Ternate dengan perairan jernih yang mengundang untuk diselami. Tak heran kalau banyak pengunjung yang datang ke pantai ini tak akan kembali pulang sebelum snorkeling dan menikmati keindahan bawah lautnya.

Keindahan Sulamadaha sendiri sudah dapat terlihat sejak memasuki wilayah pantai. Melewati kios-kios yang menjual aneka makanan dan minuman, kamu akan menjumpai pasir hitam dan batuan karang maupun hamparan luas lautan jernih.

Foto: Instagram @_novanr

Deretan kursi yang ada di sana dapat menjadi tempat untuk melepas lelah sambil memandangi perairan biru. Opsi lainnya, kamu bisa menuju Saomadaha, laguna yang tersembunyi di balik batuan karang.

Di laguna ini, kamu bisa melihat perairan yang tampak bergradasi dari hijau ke biru. Tak seperti ombak di laut pada umumnya yang bisa tak terduga, perairan di sini tenang, sehingga cocok untuk berenang dan bermain air.

Foto: Dok. Google Maps/Apri Isnanto

Sementara yang memilih untuk snorkeling ataupun scuba diving dapat menyewa peralatan menyelam maupun kapal untuk menuju spot-spot terbaiknya. Meski demikian, tak jauh dari Pantai Sulamadaha pun kamu bisa menikmati indahnya bawah laut.

Tak heran, perairan di sini masih terjaga kelestariannya dengan berbagai biota laut yang menghuninya. Jarak pandangnya pun cukup baik berkat ombaknya yang tenang dan airnya yang sejernih kaca. Tanpa harus menyelam pun, kamu bisa mengintip terumbu karang maupun ikan warna-warni yang berseliweran di sekitarnya.

Foto: Instagram @mr.dhanny

Pilihan Aktivitas

Dikelilingi bukit-bukit hijau yang rimbun, aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan selagi di Pantai Sulamadaha adalah berkeliling pantai dengan berjalan kaki ataupun naik kapal. Sembari menikmati indahnya panorama air pirus, kamu bisa melihat Pulau Hiri di seberang.

Sementara yang ingin bermalas-malasan dapat menggelar tikar di hamparan pasir hitamnya sembari berpiknik ataupun berjemur. Mana pun pilihanmu, kunjungan ke Pantai Sulamadaha dijamin dapat memberikan pengalaman liburan yang berkesan.

Foto: Instagram @sistalukito

Buka sepanjang hari, biaya masuk Pantai Sulamadaha gratis, kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Di lokasi sudah ada tempat penyewaan ban renang, pelampung, dan kano. Sementara untuk peralatan menyelam, sebaiknya siapkan sendiri sebelum kunjungan kemari.

Dari Bandara Sultan Babullah, Pantai Sulamadaha terletak sekitar 7 km jauhnya. Kamu bisa mencapainya dengan berkendara selama 15 menit via Jalan Batu Angus. Sementara dari pusat kota, jaraknya sekitar 15 km, atau dapat kamu tempuh dengan berkendara selama setengah jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here