Dieng Orienteering Race Edisi Kedua Hadir Mei Mendatang

Foto: Instagram @areioutdoorgear

Berjuluk negeri di atas awan, dataran tinggi Dieng yang terhampar di ketinggian 2.000 mdpl menawarkan keindahan alam dengan banyak opsi seru untuk menjelajahinya. Salah satunya adalah dengan melalui kegiatan orienteering.

Buat kamu yang masih asing dengan kegiatan satu ini, orienteering terutama cocok untuk penyuka alam maupun pegiatan olahraga. Pasalnya, kegiatan ini mengajak kamu menjelajah alam dengan berlari sambil bernavigasi.

Foto: Instagram @yuninrhyt

Tingkat kesulitannya tentu lebih tinggi daripada kegiatan lari lintas alam pada umumnya. Pasalnya, dengan hanya berbekal peta dan kompas, kamu perlu mengatur strategi sendiri untuk menentukan rute yang tepat dan menyelesaikan tantangan seefisien mungkin.

Bila tertarik menjajal cabang olahraga lintas alam satu ini, kamu bisa mengikuti Dieng Orienteering Race yang tahun ini berlangsung pada 19-21 Mei mendatang. Melanjutkan kesuksesan race di tahun sebelumnya, Dieng Orienteering Race 2023 hadir dengan skala event yang lebih luas, yakni tingkat internasional.

Foto: Instagram @obleenk

Pilihan Kategori

Mengusung tema Collaborate Energy Above the Clouds, kategori race kali ini pun tak hanya terbatas pada Foot Orienteering, namun juga Mountain Bike Orienteering. Kemudian di masing-masing kategori dibedakan lagi berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Untuk Foot Orienteering, pilihannya adalah M20, W20, M21, W21, M30 dan W30. Kemudian ada pula Relay untuk dua orang. Sementara Mountain Bike Orienteering hanya dibagi berdasarkan jenis kelamin, yakni M dan W.

Foto: Instagram @orienteersindo

Dieng Orienteering Race 2023 juga akan dimeriahkan dengan serangkaian acara lainnya. Sebut saja Indonesia International Outdoor Festival (IIOutfest) – Goes To Mountain: Dieng Plateau, dan Indonesia Summer Camp 2023 – Mount Prau, Dieng: Pendakian Bersama & Aksi Bersih.

Tak hanya itu, Dieng Orienteering Race juga akan menjadi pembuka untuk Dieng Culture Festival. Tahun ini digelar pada 25-27 Agustus 2023, festival yang identik dengan ruwatan anak rambut gimbal ini merupakan salah satu acara budaya terbesar di Indonesia.

Foto: Instagram @areioutdoorgear

Registrasi saat ini masih dibuka, namun slotnya terbatas. Jadi, kamu yang tertarik mengikuti kegiatan ini bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengunjungi laman ini.

Biaya registrasi mulai Rp250 ribu per orang, sudah termasuk jersey, finisher medal, makan, asuransi, dan e-sertifikat. Untuk info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @dieng.race dan @mainoutdoor.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here