Borneo Extreme Trail 2023 Tantang Pelari Menjajal Ekstremnya Hutan Kalimantan

Borneo Extreme Trail kembali hadir tahun ini untuk menantang para pelari lintas alam menjajal ekstremnya hutan Kalimantan. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung di Samarinda pada 6-7 Mei mendatang.

Borneo Extreme Trail sendiri sudah ada sejak 2014 lalu dengan nama Extreme Jungle Run, dan merupakan pelopor lomba lari lintas alam di Kalimantan. Ciri khasnya adalah lintasan rutenya yang berbeda di tiap acara dan akan hilang seiring waktu setelah lomba selesai.

Foto: Instagram @ardhiansyah.nugroho

Pasalnya, jalurnya menembus hutan yang masih asri, sehingga tak heran bila akan kembali tertutup oleh semak-semak, rerumputan, atau ranting pepohonan. Hal ini tentu terbeda dengan lintasan pada lomba lari lintas alam lainnya yang biasanya memanfaatkan jalur pendakian yang sudah ada.

Pihak Borneo Extreme Trail sendiri telah menyiapkan lintasan lomba selama beberapa bulan sebelum kegiatan berlangsung. Rutenya terbilang ekstrem dan menantang, bahkan bagi para pelari lintas alam kawakan sekalipun.

Foto: Instagram @muhammadisro10

Jajaran perbukitan dengan vegetasi yang rapat, tanaman berduri, jalur tanah licin dan penuh lumpur, aliran sungai kecil, hingga air terjun mini akan menemani sepanjang perjalanan. Medan yang menyulitkan ini membuat para pelari wajib melakukan banyak persiapan sebelum lomba untuk menghadapinya.

Kategori Baru, Ultra 50K

Bila di penyelenggaraan sebelumnya hanya ada tiga kategori, yakni 10K, 20K, dan 30K, kali ini Borneo Extreme Trail 2023 melombakan kategori baru, yakni Ultra 50K. COT atau batas waktu untuk menyelesaikan lomba adalah 17/18 jam (pria/wanita) dengan total elevasi sekitar 3.500 meter.

Foto: Instagram @puterymayang

Untuk kategori 10K, COT-nya 6 jam dengan total elevasi sekitar 850 meter. COT untuk kategori 20K adalah 10 jam dengan total elevasi sekitar 1.500 meter. Sementara COT untuk kategori 30K adalah 13/14 jam (pria/wanita) dengan total elevasi sekitar 2.500 meter.

Borneo Extreme Trail 2023 terbuka untuk umum, baik WNI maupun WNA, dengan usia 17-60 tahun. Persyaratan untuk kategori 20K adalah peserta pernah finis minimal 10K Trail Run atau 21K Road Run.

Untuk kategori 30K, peserta wajib pernah finis minimal 20K Trail Run atau 42K Road Run. Sementara untuk kategori 50K, peserta wajib pernah finis minimal 30K Trail Run atau 42K Road Run.

Biaya registrasi adalah Rp500 ribu untuk kategori 10K, Rp650 ribu untuk 20K, Rp750 ribu untuk 30K, dan Rp1 juta untuk 50K. Biaya sudah termasuk race tee, finisher tee, finisher medal, e-sertifikat, dan refreshment. Registrasi via borneoextremetrail.com paling lambat 31 Maret 2023.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here