Tanpa Naik Kapal, Bisa Sporkeling Sepuasnya di Pantai Sumur Tiga

Foto: Instagram @bagindamaulana_

Tanpa harus menyeberang naik kapal ke sejumlah situs penyelaman di sekitar Pulau Weh, kamu dapat menikmati snorkeling ataupun scuba diving dari pantai-pantai yang ada di sekitaran kota Sabang. Sebut saja Pantai Sumur Tiga yang terletak sekitar 10 km jauhnya dari Pelabuhan Balohan.

Pantai cantik ini memiliki suasana yang tenang, jauh dari keramaian kota. Hamparan air biru toskanya yang jernih maupun pasir putihnya yang bersih serasa mengundang penyuka pantai untuk bermalas-malasan menikmati matahari.

Foto: Instagram @rzw__n

Bila ingin mengenakan bikini atau baju renang terbuka, kamu bisa menuju area pantai pribadi di depan penginapan Freddies Santai Sumurtiga. Di sana, kamu bisa melewatkan waktu dengan berjemur sembari menanti matahari terbenam.

Sementara mereka yang senang menyelam, bisa langsung menuju perairannya untuk melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karangnya terhampar luas dengan beragam jenis ikan yang berenang ke sana kemari.

Foto: Dok. Google Maps/Sigit Punomo

Tak perlu khawatir bila tak membawa peralatan selam. Pasalnya, di sekitar Pantai Sumur Tiga ini banyak dijumpai tempat penyewaan alat snorkeling maupun scuba diving.

Selepas beraktivitas air, kamu bisa kembali ke tepi pantai untuk menanti senja. Opsi lainnya, kamu bisa menjelajah pantai tersebut untuk mencari spot-spot foto menarik. Sebut saja sumur-sumur yang ada di sekitar pantai.

Foto: Instagram @roliestyle

Ya, Pantai Sumur Tiga dinamakan demikian karena keberadaan tiga sum-ur yang konon sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Dulu, warga setempat menggunakan sumur tersebut sebagai sumber mata air.

Walau lokasinya dekat pantai, air dari sumur tersebut tidaklah asin, melainkan tawar. Sumur tersebut masih ada sampai sekarang, meski sudah ditinggalkan dan tak digunakan lagi.

Foto: Instagram @ridhoalwanfahri

Selain sumur yang menjadi saksi sejarah, ada pula beberapa benteng peninggalan Jepang yang kondisinya sudah tak lagi utuh. Meski demikian, kamu bisa melihat sisa-sisa benteng tersebut di atas bebatuan besar dengan pepohonan kelapa dan rerumputan hijau di sekelilingnya.

Untuk mencapai Pantai Sumur Tiga, kamu dapat menempuhnya dari pusat kota Sabang dengan berkendara sekitar lima menit saja. Sementara yang datang dari Aceh, mesti menempuh perjalanan dulu menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Dari situ, kamu bisa menyeberang naik feri ke Pelabuhan Balohan di Pulau Weh.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here