Mengintip Koleksi Para Atlet Berprestasi di Museum Olahraga Surabaya

Foto: Instagram @masihtania

Surabaya terkenal dengan deretan museumnya yang menarik. Salah satunya yang  bisa kamu sambangi adalah Museum Olahraga. Lokasinya ada di kompleks GOR Pancasila dan Lapangan THOR, tepatnya di Jalan Indragiri No. 6.

Wisatawan luar Surabaya atau bahkan warga setempat mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan museum yang menempati bangunan bercat terakota tersebut. Tak heran, karena Museum Olahraga Surabaya ini memang terbilang anyar, dan baru beroperasi sejak Mei 2021 lalu.

Foto: Instagram @amandaakohar

Sesuai namanya, museum ini mengulas banyak detail sejarah olahraga yang menarik. Salah satunya adalah lokasi berdirinya museum yang berada di salah satu kompleks lapangan sepak bola bersejarah di Surabaya. Konon, lapangan tersebut dulunya merupakan markas klub sepak bola Hindia Belanda yang bernama Tot Heil Onzer Ribbenkast, atau disingkat THOR.

Museum ini juga memaparkan penjelasan menarik mengenai permainan tradisional beserta replikanya, seperti lempar gasing, bakiak, egrang batok, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, ada pula sejarah tentang Persebaya, klub sepak bola kebanggaan kota Surabaya sekaligus salah satu klub legendaris di dunia persepakbolaan Indonesia.

Foto: Instagram @akunmilikdimas

Koleksi Atlet

Sebagian besar koleksi Museum Olahraga Surabaya merupakan hasil sumbangan dari atlet-atlet asal Surabaya yang mengibarkan bendera merah putih di ajang olahraga internasional.

Tak heran bila di sana-sini kamu bisa menjumpai pernak-pernik menarik, seperti sertifikat, medali, piala, kaos bertanda tangan atlet legendaris, alat-alat olahraga, hingga foto-foto momen bersejarah kejayaan olahraga Indonesia di kancah internasional.

Foto: Instagram @vickyyuwono

Beberapa koleksinya yang menarik antara lain koleksi piala Klub Persebaya, jersey bulutangkis milik Alan Budikusuma beserta tanda tangannya, hingga koleksi milik Lilies Handayani, atlet panahan legendaris Indonesia yang menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia pada ajang Olimpiade Seoul 1988.

Mengenang kembali kejayaan olahraga nasional melalui museum ini dapat menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air, selain menjadi penyemangat bagi para atlet lainnya untuk mengharumkan nama bangsa.

Foto: Instagram @vickyyuwono

Di akhir kunjungan, kamu dapat menyempatkan diri untuk berfoto bersama para atlet legendaris asal Surabaya dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Menarik bukan?

Museum Olahraga Surabaya beroperasi setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 08:00 hingga 15:00. Tiket masuk gratis dengan reservasi melalui tiketwisata.surabaya.go.id.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here