Embung Sanur, Destinasi Joging Baru di Denpasar

Foto: Dok. Google Maps/Aditya Ihsan

Sedang mencari tempat joging baru selain kawasan pantai dan hamparan sawah di Bali? Tenang saja, banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu sambangi untuk berolahraga. Salah satunya adalah Embung Sanur di Desa Sanur Kauh, Denpasar.

Embung buatan PT Brantas Abipraya ini terbilang destinasi wisata baru di Pulau Dewata. Dibangun pertama kali pada 2019 lalu saat kunjungan Presiden Jokowi ke Denpasar, embung ini telah selesai dibangun sejak Agustus dan diresmikan awal November lalu untuk sekaligus menjadi infrastruktur penunjang perhelatan KTT G20.

Foto: Dok. Google Maps/Run on Bali

Fungsi utama pembangunan embung ini adalah untuk mengurangi banjir di kawasan Sanur Kauh. Sebelumnya, kawasan tersebut memang bisa banjir bila hujan dalam hitungan tiga jam saja. Dengan volume tampungan air hingga 34.500 meter kubik, embung ini diharapkan dapat menjadi solusi penanggungan banjir.

Selain itu, Embung Sanur juga dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata baru di kawasan tersebut. Hal ini terlihat dengan pembangunan trek joging di sekelilingnya dengan panjang sekitar 450 meter.

Foto: Dok. Google Maps/Werner F.

Menempati lahan seluas dua hektar, Embung Sanur tampil apik dan estetik dengan menonjolkan budaya asli Bali. Misalnya, dengan menggunakan material seperti terakota, batu bata, dan batu andesit. Sementara area anjungannya menampilkan patung-patung karya perupa lokal untuk mempercantik dan menghormati tradisi setempat.

Agar makin asri, Brantas Abipraya menanam sejumlah tanaman, seperti bunga kertas dan pohon palem. Tak ketinggalan, rerumputan hijau terhampar di sekitar area joging. Di malam hari, area embung makin cantik dengan kehadiran lampu-lampu di sekitarnya dengan panel surya sebagai sumber energi.

Foto: Dok. Google Maps/Henry Setiawan

Kamu yang tertarik berolahraga di sini dapat datang pagi-pagi untuk berlari atau sekadar berjalan santai. Karena masih belum banyak yang tahu keberadaannya, kamu bisa menikmati tempat tersebut tanpa keramaian orang.

Embung Sanur terletak di tepi Jalan Bypass Ngurah Rai, sekitar 1,8 km jauhnya dari Pantai Mertasari. Bila tinggal di kawasan tersebut, kamu bisa tinggal berjalan kaki ke sana. Opsi lainnya, kamu bisa berkendara ke Embung Sanur. Di lokasi sudah disediakan area parkir untuk menitipkan kendaraan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here