Besok, Pameran Tunggal Chiharu Shiota Digelar di Museum MACAN

"Uncertain Journey" (2016/2019) karya Chiharu Shiota

Daftar kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat akhir pekan bakal bertambah panjang dengan kehadiran pameran terbaru dari Museum MACAN. Ya, museum seni di Jakarta Barat tersebut rencananya akan menggelar pameran dari perupa Jepang ternama, Chiharu Shiota.

Perupa kelahiran Osaka ini terutama terkenal dengan seni pertunjukan dan instalasi yang menyampaikan ekspresi-ekspresi yang tak terlihat, seperti kekhawatiran, keheningan, kenangan, dan lainnya. Ia kemudian mengembangkan emosi personal tersebut menjadi kekhawatiran manusia yang universal, seperti kehidupan dan kematian.

“In Silence” (2002/2019) karya Chiharu Shiota

Uniknya, ia menggunakan benda-benda keseharian yang bisa ditemui dengan mudah di rumah untuk mengekspresikan emosi tak berwujud tersebut. Sebut saja sepatu, kunci, tempat tidur, kursi, dan gaun yang diselubungi struktur benang yang sangat besar.

Media yang ia gunakan pun tak sebatas patung dan kanvas. Ia juga bermain dengan beragam media lainnya, seperti fotografi dan video performans.

“Accumulation — Searching for the Destination” (2014/2019) karya Chiharu Shiota

Berbasis di Berlin, karya-karyanya yang unik tersebut berhasil memikat penikmat seni di seluruh dunia. Kini, penikmat seni di Indonesia pun dapat mengagumi karyanya di Museum MACAN.

Bertajuk The Soul Trembles, pameran ini akan berlangsung mulai 26 November 2022 sampai 30 April 2023. Pameran ini akan menjadi pameran tunggal terbesar oleh Chiharu Shiota sekaligus yang pertama di Indonesia.

“Where Are We Going?” (2017/2019) karya Chiharu Shiota

Pameran ini diselenggarakan oleh Mori Art Museum, Tokyo, dikurasi oleh Mami Kataoka, Direktur Mori Art Museum, dan dengan dukungan produksi oleh Alcantra S.p.A.

Lewat pameran ini, pengunjung dapat melihat perjalanan seni Chiharu Shiota selama hampir 30 tahun secara mendalam. Mereka juga dapat melihat karyanya yang paling terkenal, yakni seri instalasi berskala masif dari benang berwarna merah dan hitam yang dirangkai ke seluruh ruangan.

Tiket prajual dengan harga spesial tersedia sampai hari ini. Gunakan kode promo SHIOTAMACAN saat pemesanan untuk mendapatkan potongan harga. Untuk reservasi, klik tautan berikut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here