Bosan #DiRumahAja? Museum di New York Ini Tawarkan Kelas Seni Gratis

Museum of Modern Art (MoMA) di New York belum bisa membuka pintunya untuk saat ini. Tapi, museum kontemporer ini masih ingin membagikan cintanya akan seni kepada orang-orang yang sedang berada di rumah. Beberapa koleksinya dapat dilihat melalui Google Arts & Culture di laman ini. Selain itu, MoMA juga menawarkan serangkaian kelas seni online gratis untuk mengisi hari-hari Anda di rumah selama pandemi corona.

Ada delapan jenis kelas yang tersedia di sini. Anda bisa mengaksesnya melalui situs ini yang akan terhubung ke platform Coursera. Melalui platform ini, setiap murid bisa mendapatkan pelajaran langsung dari kurator MoMA, serta seniman dan desainer yang karyanya terpampang di pameran museum-museum ternama. Topik utama dari pelajaran ini tentu berkaitan dengan seni. Namun kelas yang ditawarkannya bervariasi, mulai dari seni kontemporer, lukisan abstrak, fotografi, hingga fashion.

Siapa saja bisa mendaftar masuk ke kelas-kelas ini secara gratis. Sesi baru dimulai tiap empat minggu sekali, tetapi Anda bisa masuk kelas baru kapan saja. Pelajaran-pelajaran terdahulu yang mungkin Anda lewatkan dapat diakses kembali begitu selesai mendaftar. Dalam tiap-tiap kelas, Anda tidak akan hanya mendengarkan ceramah dari para pengajar, namun juga diharapkan untuk berpartisipasi dalam tugas dan kuis. Bila membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya, Anda bisa mengubah deadline yang diberikan sesuai kebutuhan. Ini tidak akan mengganggu pelajaran dan hasil kerja sebelumnya dalam kelas.

Jadi, kelas apa saja yang bisa diambil di MoMA? Berikut daftarnya.

  1. What Is Contemporary Art?

Apa itu seni kontemporer? Di kelas ini, Anda akan berusaha menjawab pertanyaan ini dengan memerhatikan lebih dari 70 karya seni dari tahun 1980 hingga sekarang. Melalui kelas ini, Anda akan lebih memahami praktik-praktik seni artis masa kini beserta pertanyaan dan isu-isu penting yang disampaikan dalam karyanya.

  1. Modern Art & Ideas

Kelas ini akan mendorong Anda untuk memahami, menikmati, dan menggunakan seni modern dalam berbagai tema. Tema-tema ini adalah Places & Spaces, Art & Ideas, Transforming Everyday Objects, dan Art & Society.

  1. Seeing Through Photographs

Apa itu fotografi dan bagaimana penggunaannya dalam peristiwa-peristiwa bersejarah? Seeing Through Photographs akan membahas topik-topik menarik ini dengan koleksi dari MoMA sendiri. Percakapan dengan para seniman dan kurator juga akan membuka pikiran Anda soal seni fotografi.

  1. Fashion as Design

Kelas ini berfokus pada pengaruh penting pakaian dan aksesori terhadap budaya, ekonomi, dan lingkungan. Di kelas ini, Anda akan mendengar langsung dari sekelompok desainer dan ahli sejarah yang akan menjelaskan tentang apa yang dikenakan, alasan di baliknya, bagaimana pembuatannya, dan apa artinya.

  1. In the Studio: Postwar Abstract Painting

Kelas ini menawarkan informasi mendalam dan langsung pada materi, teknik, dan pendekatan dari tujuh seniman ternama New York School. Seniman-seniman ini adalah Willem de Kooning, Yayoi Kusama, Agnes Martin, Barnett Newman, Jackson Pollock, Ad Reinhardt, dan Mark Rothko.

Kelas-kelas lainnya yang dapat dipilih adalah Art & Inquiry: Museum Teaching Strategies for Your Classroom, Art & Ideas: Teaching with Themes, dan Art & Activity: Interactive Strategies for Engaging with Art.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here