Snorkeling di Gusung Perlang, Surga Tersembunyi di Bangka

Foto: Instagram @visitbangkabelitung_

Kepulauan Bangka Belitung sudah lama terkenal sebagai surganya wisata bahari. Di sini, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai dengan formasi bebatuannya unik, atau menyelam untuk menikmati keragaman biota lautnya.

Saking banyaknya destinasi menarik di sini, ada beberapa di antaranya yang terbilang hidden gem dan belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya adalah Gusung Perlang yang terletak di Desa Wisata Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Foto: Instagram @visitbangkabelitung_

Dapat diakses dengan naik kapal dari Pantai Perlang, Gusung Perlang menyuguhkan hamparan pasir putih yang berpadu cantik dengan birunya air laut. Wisatawan dapat bersantai di atas gusung, berfoto sepuasnya, atau bahkan berjemur di sini.

Namun daya tarik utamanya tentu saja perairan di sekitarnya yang menyuguhkan keindahan bawah laut. Airnya begitu jernih, sampai-sampai kamu bisa melihat hamparan terumbu karang maupun ikan warna-warni tanpa harus menyelam. Jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahannya ya!

Foto: Dok. Robert Kiss

Berlayar ke Gusung Perlang

Untuk mencapai Gusung Perlang sendiri, kamu bisa menghubungi pihak pengelola wisata Desa Perlang (082286283622). Mereka dapat menyiapkan kapal untuk menyeberang ke Gusung Perlang, selain menjadi pemandu selama tur.

Biasanya, tur dimulai sekitar pukul 08:00 dari Pantai Perlang. Selagi menunggu kapal siap, kamu bisa bermain di sana sambil menikmati hamparan terumbu karang maupun memandangi Gusung Perlang di kejauhan.

Perjalanan menuju Gusung Perlang sendiri tak lama, rata-rata sekitar 20-25 menit. Dalam perjalanan, kamu bisa melihat panorama Bukit Pading di kejauhan. Bila beruntung, kamu juga bisa menyaksikan kawanan ikan lumba-lumba yang berenang bersama lajunya kapal. Makanya, jangan lupa siapkan kamera untuk merekam momen berharga tersebut.

Foto: Dok. Robert Kiss

Sesampainya di Gusung Perlang, kamu bisa berfoto dengan latar pasir putih maupun birunya langit dan laut. Bila sedang musimnya, kamu juga bisa mencari kerang bulu di sekitaran gusung.

Setelah itu, pemandu akan menyampaikan hal-hal yang boleh dan tak boleh dilakukan selama snorkeling. Selain itu, mereka yang belum pernah snorkeling juga akan diajarkan cara menggunakan alat snorkeling.

Foto: Instagram @kodden_kidd

Selesai briefing, kamu akan diajak naik kapal untuk menuju lokasi snorkeling yang ada di sekitar gusung, dari Karang Perlang, Karang Bugis, hingga spot kapal karam. Kamu bisa menyaksikan penyu, ikan-ikan karang, koral warna-warni, hingga tumbuhan laut seperti lamun.

Di akhir tur, kamu akan diajak menuju rumah panggung nelayan untuk beristirahat. Di sana pula kamu akan disuguhkan makan siang berupa ikan hasil tangkapan hari itu yang langsung dibakar. Sembari makan, kamu bisa melihat indahnya panorama Gusung Perlang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here