Filemon Camp, Spot Camping untuk Berburu Sunset di Bogor

Foto: Dok. Google Maps/Marco Widjaja

Berniat melewatkan liburan di alam terbuka dengan suasana sepi dan jauh dari keramaian wisatawan? Tanpa harus pergi jauh keluar kota, kamu bisa berkemah di camping ground yang lokasinya tak jauh dari rumah. Kalau perlu, cari yang pemandangannya menawan biar kamu bisa sekalian melepas penat.

Di Bogor, misalnya, kamu bisa mengunjungi Filemon Camp. Letaknya di Jalan Prabowo-Cisadon, Bojong Koneng, Babakan Madang, atau sekitar 22 km jauhnya dari pusat kota Bogor.

Foto: Dok. Google Maps/Moses Heryanto

Berada di ketinggian 1.100 mdpl, Filemon Camp menempati lahan yang luas dengan pemandangan kota Bogor. Suasananya asri dan tenang, sehingga kamu bisa betah berlama-lama di sana sambil menanti matahari terbenam. Pemandangan sunset di sini memang menawan, terlebih panoramanya tak terhalang apa pun.

Selepas senja, kamu bisa menikmati langit malam yang berhiaskan taburan bintang maupun kelap-kelip lampu kota di kejauhan. Sesekali, bunyi jangkrik dan hewan malam lainnya akan terdengar dan memecah keheningan.

Foto: Instagram @budi.widjaja

Tergantung pilihan, kamu bisa melewatkan malam dalam kehangatan tenda atau sambil duduk-duduk di dekat api unggun. Kamu juga bisa sekalian menikmati makan malam ala barbekyu sambil menyeruput minuman hangat untuk mengusir hawa dingin. Keesokan paginya, bangunlah lebih awal untuk menikmati matahari terbit yang tak kalah menawan.

Perjalanan Menuju Filemon Camp

Perjalanan menuju Filemon Camp tak mudah, karena jalurnya sempit dan curam. Bila membawa kendaraan 4WD, kamu bisa lewat Sentul. Sementara yang membawa kendaraan 2WD, baiknya berangkat dari arah Megamendung.

Foto: Dok. Filemon Camp

Sebelum keberangkatan, kamu bisa menghubungi pihak pengelola (WhatsApp 0811111776) untuk informasi menuju lokasi maupun saran rutenya. Pastikan juga reservasi sebelum kedatangan.

Kamu bisa sekalian menyewa tenda maupun memesan paket makan. Tenda tersedia untuk kapasitas dua maupun empat orang. Sementara paket makan tersedia untuk tiga kali makan, yakni makan siang saat tiba, makan malam, maupun sebelum pulang.

Foto: Dok. Google Maps/Hafidz Hanafiah

Opsi lainnya, kamu yang berniat berkemah di dalam mobil bisa memesan paket makan saja. Kamu bahkan bisa membawa peralatan masak sendiri bila ingin menikmati makan malam ala barbekyu. Filemon Camp menyediakan sejumlah tempat duduk yang bisa kamu gunakan untuk lokasi bersantap.

Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di sini adalah kafe yang menyediakan minuman hangat (kopi, teh, dan jahe), musala, dan toilet. Uniknya, Filemon Camp tidak menyediakan akses Wi-Fi. Harapannya agar tamu dapat benar-benar memaksimalkan liburan untuk menyatu dengan alam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here