Forest Run Suguhkan Rute Lari Lintas Alam di Cikole

Foto: Dok. Forest Run

Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten bekerja sama dengan komunitas Bandung Explorer untuk menggelar Forest Run pada 27 November 2022.

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk meramaikan kegiatan lomba lari lintas alam di Indonesia. Selain itu, Forest Run diharapkan dapat menjadi salah satu agenda utama dalam kalender lomba Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI).

Foto: Dok. Forest Run

Rencananya, lomba ini akan berlangsung di wilayah Perhutani Jawa Barat. Lokasi tepatnya di Cikole dan desa-desa yang berbatasan dengan kawasan hutan Perhutani.

Pilihan Kategori

Kategori lomba Forest Run mencakup Family Fun Trail 3K dengan elevasi 118 meter, Trail 10K putra dan putri dengan elevasi 458 meter, serta Trail 22K putra dan putri dengan elevasi 1.340 meter.

Foto: Dok. Forest Run

Dengan tim yang beranggotakan tiga orang, Family Fun Trail cocok untuk meningkatkan kedekatan antara anggota keluarga. Terlebih jarak tempuhnya pendek, sehingga keluarga dapat menyelesaikan tantangan sambil menjalin komunikasi dalam kondisi yang santai. Waktu tempuh maksimal untuk kategori ini adalah satu jam.

Trail 10K menawarkan rute yang sebagian besar berada di dalam hutan dengan lintasan tanah yang bersahabat maupun elevasi yang tak terlalu tinggi. Selagi berlari, peserta dapat menikmati udara yang segar maupun aneka tumbuhan alami dan pepohonan yang rindang. Waktu tempuh maksimal untuk kategori ini adalah tiga jam.

Foto: Dok. Forest Run

Trail 22K menantang para pelari untuk melintasi medan yang beragam, termasuk tanah berlumpur, gembur, dan licin dengan tanjakan dan turunan yang terjal. Selain lintasan dalam hutan, rutenya juga akan melalui kawasan pedesaan yang menyuguhkan pemandangan sawah dan aktivitas keseharian penduduknya, selain Curug Cibareubeuy. Waktu tempuh maksimal untuk kategori ini adalah enam jam.

Slot Terbatas

Pendaftaran akan ditutup 13 November, atau bisa lebih cepat bila kuota terpenuhi. Registrasi bisa melalui situs Forest Run di tautan ini. Biayanya Rp750 ribu untuk Family Fun Trail (3 orang), Rp350 ribu untuk Trail 10K, dan Rp550 ribu untuk Trail 22K, sudah termasuk BIB, jersey, dan finisher medal.

Foto: Dok. Forest Run

Syarat pendaftaran adalah peserta sudah berusia minimal 17 tahun, atau memiliki persetujuan dari orang tua bila usianya di bawah 17 tahun. Selain itu, peserta diwajibkan membawa perlengkapan sesuai kebutuhan masing-masing saat berlomba. Beberapa di antaranya adalah ponsel, air minum minimal 500 ml, makanan, jas hujan, trekking pole, dan lainnya.

Peserta yang memenangkan acara ini akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan nilai total Rp33 juta. Untuk info lebih lanjut, kunjungi forestrun.id ataupun akun Instagram @forestrun.id.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here